Saat Berenang Ini Yang Terjadi Pada Tubuh Kita

Siap yang suka berenang? ya selain menyenangkan memang tidak bisa dipungkiri bila banyak manfaat yang diperoleh dengan berenang.

Haii Ini karena saat kita berenang maka seluruh bagian tubuh kita bergerak sehingga menimulkan rekasi positif bagi kesehatan tubuh.

Saat berenang, semua anggota tubuh ikut bergerak secara terkoordinasi oleh sebab itu selain meningkatkan ketahanan, berenang juga menjadi olahraga aerobik. Berikut ini kami sajikan 10 manfaat berenang.

10 Manfaat Berenang Bagi Tubuh Kita

1. Menunda proses penuaan : Kegiatan berenang ternyata terbukti mampu membantu dalam memperlambat proses penuaan. Walapun proses menjadi tua tidaklah bisa dihindarai, berenang dapat secara signifikan menunda sel-sel tubuh menua dan membantu kita untuk tetap awet muda.

2. Membantu meningkatkan kapasitas motorik : Bila secara rutin kita melakukan aktivitas renang tubuh kita akan menjadi lebih waspada karena motorik kita meningkat. Seperti yang kita ketahui, berenang merupakan aktivitas yang melibatkan koordinasi ekstremitas dan pernapasan kita. Sehingga berenang dapat membantu kita memiliki keseimbangan yang lebih baik dan memiliki waktu reaksi yang lebih efisien dan cepat.

3. Meningkatkan daya ingat : Manfaat lain dari melakukan aktivitas berenang adalah mampu meningkatkan daya ingat kita. Hal ini karena latihan pernapasan yang dipraktekkan saat berenang, yang mengoksidasi otak dengan cara yang lebih baik, selain koordinasi motorik yang menyebabkan otak kita harus menciptakan ikatan saraf baru.

4. Membakar lebih banyak kalori : Aktivitas berenang merupakan sebuah aktivitas olah raga yang sangat lengkap, berenang adalah salah satu pilihan terbaik untuk membakar kalori dalam jumlah yang lebih besar. Ini disebabkan kita beraktivitas di dalam air karena air menyebabkan anggota tubuh kita harus berusaha lebih keras untuk bergerak. Ini berarti otot kita bekerja lima sampai enam kali lebih banyak daripada bila kita bergerak di daratan. Dengan aktivitas berenang memungkinkan kita membakar kalori hingga 600 kalori dalam satu jam.

Advertisement

5. Membuat daya tahan tubuh kita lebih kuat ; Berenang membuat tubuh kita lebih kuat karena, di satu sisi, itu membantu kita untuk mengembangkan kapasitas paru-paru yang jauh lebih besar. ini berarti saat ketika berenang kita mendapatkan kapasitas yang lebih besar untuk resistensi anaerobik. Di sisi lain, berenang berdampak pada memperkuat tulang kita, sehingga tubuh kita secara umum jauh lebih kuat.

manfaat berenang

6. Memberikan fleksibilitas yang lebih besar : Manfaat lain yang sangat penting yang diberikan oleh berenang adalah elastisitas dan fleksibilitas tubuh kita. Berenang memungkinkan kita untuk memiliki lebih banyak mobilitas, berolahraga sendi. Sebagai hasilnya, tubuh mendapatkan lebih banyak fleksibilitas, yang pada gilirannya meningkatkan jangkauan gerak tubuh itu sendiri.

7. Mendukung berfungsinya sistem kardiorespirasi : Seperti yang telah disebutkan, berenang membantu memperkuat pernapasan kita. Ketika kita berenang kita perlu melakukan latihan pernapasan, yang memiliki efek positif pada tubuh kita. Terutama, ini menyebabkan kapasitas pulmonal yang lebih besar dan bahwa otak kita teroksigenasi.

8. Menghilangkan nyeri punggung : Saat ini, banyak spesialis merekomendasikan hidroterapi untuk menyembuhkan penyakit tertentu, terutama nyeri otot. Salah satu bagian tubuh yang paling diuntungkan dalam hal ini adalah punggung: berenang secara konstan dapat mengurangi atau menyembuhkan sakit punggung dan meningkatkan fleksibilitasnya. Selain itu, berenang juga digunakan dalam terapi untuk orang-orang dengan masalah motorik.

9. Meningkatkan sirkulasi : Berenang juga bermanfaat untuk sistem sirkulasi tubuh. Saat kita berenang, setiap organ tubuh kita menerima pijatan ringan, yang mengaktifkan darah dan membuat kita merasa lebih baik. Oleh sebab itu berenang adalah latihan yang sempurna untuk orang-orang yang menderita masalah sirkulasi seperti varises. Dalam pengertian ini, berenang memiliki efek cepat pada ekstremitas bawah kita, memungkinkan kita untuk menjadi lebih lincah.

10. Santai : Akhirnya, berenang adalah kegiatan olah raga santai. Ketika kita berenang, otot kita berusaha keras namun pada akhirnya, ini menyebabkan otot-otot yang sama untuk menjadi rileks, memberi kita perasaan ringan dan damai. Bukan hanya otot kita saja yang diuntungkan. Pikiran kita juga rileks ketika kita berenang, terutama karena latihan pernapasan yang dilakukan. Berenang membangkitkan nafsu makan kita, membantu kita menjaga kebugaran dan memperkuat otot kita sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga.

Demikian 10 manfaat berenang bagi tubuh kita, semoga bermanfaat dan tetap sehat. salam