Zat-zat Berbahaya Pada Rokok

Zat-zat Berbahaya Pada Rokok Bahaya Rokok bagi kesehatan Sudah bukan rahasia lagi bahwa rokok mengandung zat yang berbahaya bagi kesehatan. Asap rokok bukan hanya berbahaya pada orang yang menghisap rokok saja akan tetapi juga orang disekitarnya. Nah sebetulnya zat apa saja yang terkandung dalam rokok sehingga cukup berbahaya bagi kesehatan manusia ? berikut ulasannya.

Zat-zat Berbahaya Yang Terkandung Pada Rokok

Acrolen : Zat berbentuk cair tidak berwarna diperoleh dengan mengambil cairan dari glyceril atau dengan mengeringkannya. Pada dasarnya zat ini mengandung alcohol yang pasti sangat menggangu kesehatan.

Karbon Monoksida : Gas yang tidak berbau. Zat ini dihasilkan dari pembakaran yang tidak sempurna dari unsure karbon. Jika karbon monoksida ini masuk kedalam tubuh dan dibawa oleh hemoglobin ke dalam otot-otot tubuh. Satu molekul hemoglobindapat membawa empat molekul oksigen. Apabila didalam hemoglobin itu terdapat karbon monoksida berakibat seseorang akan kekurangan oksigen.
Nikotin : cairan berminyak tidak berwarna. Zat ini bisa menghambat rasa lapar. Jadi menyebabkan seseorang merasa tidak lapar karena menghisap rokok.
Ammonia : Gas yang tidak berwarna terdiri dari nitrogen dan hydrogen. Memiliki bau yang sangat tajam dan merangsang. ZAt ini sangat cepat memasuki sel-sel dan kalu siduntikkan sedikit sada pada aliran darah akan membuat pingsan atau koma.
Hydrogen Cyanide : Gas tidak berwarna, tidak berbau dan tidak ada rasa. ZAt ini paling ringan dan mudah terbakar. Cyanide mengandung racun berbahaya dan jika dimasukkan langsung kedalam tubuh akan berakibat kematian.
Nitrous Oxide : Gas tidak berwarnadan jika diisap dapat menyebabkan hilangnya keseimbangan dan membuat rasa sakit. Zat ini awalnya adalah untuk zat pembius pada saat operasi.
Formaldehyde : Gas tidak berwarna dan berbau tajam. Gas ini bersifat pengawet dan pembasmi hama.
Phenol : Zat ini terdiri dari campuran Kristal yang dihasilkan dari distilasi zat-zat organic misalnya kayu dan arang. Phenol bisa terikat di dalam protein dan menghalangi kerja enzyme.
Acetol : ZAt ini adalh hasil dari pemanasan aldehyde dan menguap dengan alcohol.
Hydogen Sulfide : Gas yang mudah terbakar dan berbau keras. ZAt ini menghalangi oxidasi enxym.
Pyridine : Cairan tidak berwarna dan berbau tajam. Zay ini mampu mengubah alcohol sebagai pelarut dan pembunuh hama.
Metyl Chloride : Merupakan campuran zat hydrogen dan karbon. Zat ini merupakan compound organis yang sangat beracun dan uapnya bersifat sama dengan pembius.
Methanol : Cairan ringan mudah menguap dan terbakar. Jika diminum dan diisap dapat berakibat pada kebutaan dan kematian.
Tar : Cairan kental berwarna coklat tua dan hitam didapatkan dengan cara distilasi kayu dan arang juga dari getah tembakau. Zat-zat berbahaya pada rokok inilah yang menyebabkan kanker paru-paru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *