Vitamin dan Mineral Ini Lho Manfaatnya Bagi Tubuh

Artikel vitamin dan mineral – Bagaimana vitamin dan mineral menunjang kesehatan seseorang ? Semakin mapan kualitas seseorang semakin mereka peduli terhadap kesehatan mereka. Banyak orang di seluruh negara dan di seluruh dunia khawatir terhadap kesehatan mereka. Bahkan jika mereka telah hidup sehat, mereka masih peduli dengan menjaga kesehatan mereka dan mencoba untuk meraih hasil yang maksimal.

Ketika orang-orang peduli dengan kesehatan mereka maka mereka semakin peduli terhadap asupan mineral dan vitamin. Pada setiap makanan yang Anda konsumsi Anda bisa mendapatkan vitamin dan zat-zat mineral yang berbeda tetapi banyak orang tidak mendapatkan cukup vitamin dan zat mineral dari makanan.

Untuk memenuhi kekurangan vitamin dan mineral dalam makanan Anda harus mencari suplemen tambahan.

Fungsi Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral dapat menjadi tambahan yang baik untuk hidup Anda agar tubuh Anda terjaga kesehatannya. Vitamin dan Mineral adalah bagian penting dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan dalam tubuh. Akibat kekurangan vitamin memang akan membuat tubuh menjadi tidak seimbang dalam menjalankan fungsi metabolisme tubuh.

vitamin2

Vitamin dan mineral dapat membantu dalam pencegahan penyakit serta membantu tubuh mampu menjalankan fungsinya dengan benar. Jika Anda terbiasa hidup sehat dengan makanan tepat, latihan, dan asupan vitamin dan mineral, Anda akan merasa lebih segar dan lebih sehat. Tubuh Anda akan mampu menjaga diri dan memperbaiki diri ketika Anda tidur.

Jika Anda kemudian mulai berpikir perlu mengkonsumsi suplemen vitamin dan suplemen mineral, akan lebih aman jika terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter Anda. Terutama jika Anda sedang mengkonsumsi obat-obatan pada saat yang bersamaan Anda harus memeriksa dan memastikan bahwa suplemen tambahan itu tidak akan mengganggu obat Anda.

Advertisement

Dengan berkonsultasi dengan dokter Anda juga mungkin iakan mengetahui jika ada mineral atau vitamin tertentu yang Anda kurang dalam sistem Anda. Tapi pada dasarnya untuk kesehatan secara keseluruhan sudah banyak orang menemukan bahwa suplemen multivitamin adalah jenis terbaik vitamin.

Sebagai informasi tambahan, Vitamin digolongkan menjadi vitamin larut air dan vitamin larut lemak. Vitamin larut air ini terdiri dari vitamin B dan vitamin C. Sedangkan vitamin larut lemak terdiri dari vitamin A,D,E dan K.

Vitamin A penting untuk pertumbuhan terutaman kesehatan kulit, mata dan menjaga daya tahan tubuh. Vitamin A banyak terdapat dalam hati, kuning telur, keju, sayuran berwarna hijau tua seperti daun singkong, bayam serta sayuran da buah-buahan yang berwarna kuning jingga seperti wortel, manga, tomat dan papaya.

Untuk vitamin B ada banyak jenisnya sperti vitamin B1,B6,B12 dan lain-lain. Kumpulan vitamin tersebut disebut sebagai vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks penting untuk mencegah penyakit beri-beri, memproduksi dan memperbaiki sel-sel darah merah serta mengubah karbohidrat, protein dan lemak menjadi energy. Vitamin B kompleks banyak terdapat pada hati, ginjal, susu, telur, ikan, keju daging, kecambah, gandum, serelia tumbuk, kacang-kacangan, kacang hijau, kentang, pisang, sayuran berwarna hijau dan lain-lain.

Vitamin C berfungsi membantu penyerapan kalsium, mencegah infeksi, memantu penyembuha penyakit, meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah kanker serta penyakit jantung. Vitamin C ini dapat kita temukan pada sayur dan buah seperti jeruk, nanas, rambutan dan lain-lain.

Pada vitamin D berguna untuk membantu penyerapan kalsium dan penting untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang yang kuat bersama dengan vitamin A dan Vitamin C. Sumber Vitamin D terdapat pada kuning telur, hati, krim, mentega, margarin, susu, keju,ikan dan minyak ikan.

Vitamin E sebagai antioksidan berfungsi untuk melindungi dan memperkuat daya tahan tubuh dari penyakit dan baik untuk kesehatan kulit. Sumber vitamin E terdapat pada minyak tumbuh-tumbuhan terutama minyak sayur, minyak kecambah gandum dan biji-bijian. Sayura dan buah juga merupakan sumber Vitamin E yang baik.

Tubuh juga sangat membutuhkan zat mineral. Mineral digolongkan menjadi mineral makro dan mineral mikro. Mineral makro dibutuhkan tubuh dalam jumlah lebih dari 100mg sehari yang terdiri dari natrium, kalsium, kalium dan lain-lain. Sedangkan mineral mikro dibutuhkan kurang dari 100mg sehari yang terdiri dari zat besi, iodium dan lain-lain.

Suplemen vitamin dan mineral bisa Anda dapatkan dalam bentuk yang berbeda sesuaikan dengan minat anda. Anda dapat memilih suplemen yang bentuknya cairan yang secara konsisten dapat bekerja dalam tubuh Anda lebih cepat. Selain bentuk pil pada umumnya, suplemen juga tersedia dalam bentuk spray sehingga dapat dikonsumsi dengan cepat dan lebih nyaman.

Bagi mereka yang menyukai bentuk pil akan lebih mudah untuk mendapatkannya karena memang suplemen dalam bentuk ini tersedia di amana mana. Bagi mereka yang khawatir dan susah untuk menelan pil maka tersedia juga dalam bentuk tablet kunyah. Banyak orang berpikir bahwa tablet kunyah hanya tersedia untuk vitamin bayi atau anak-anak tetapi sebetulnya tablet kunyah  juga tersedia untuk orang dewasa juga.

One thought on “Vitamin dan Mineral Ini Lho Manfaatnya Bagi Tubuh

  1. Pingback: Manfaat Daun Kelor - ASKEPS.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *