Tanaman Obat – Obatan

Tidak dipungkiri bahwa tanaman obat berkhasiat untuk meredakan dan menyembuhkan beragam penyakit. Menggunakan tanaman obat – obatan saat ini menjadi salah satu cara yang banyak digunakan oleh masyarakat saat ini sebagai cara untuk mengatasi masalah beberapa penyakit. Mulai dari penyakit yang sangat ringan hingga penyakit akut dan kronis. Karena dengan menggunakan tanaman obat – obatan biasanya efek samping yang ditimbulkan sangatlah ringan jika dibandingkan dengan obat – obatan yang berasal dari bahan kimia dan sintesis.

Jika anda sedang mencari tanaman obat – obatan apa saja yang mampu mengatasi masalah kesehatan dan bagaimana cara membuatnya. Maka berikut ini adalah beberapa jenis tanaman obat – obatan herbal yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah beberapa penyakit dengan resep yang sangat sederhana diantaranya adalah :

Tanaman Obat Pulai
Pulai memiliki khasiat dalam mengatasi masalah sakit gigi dan asma. Caranya cukup mudah :
•    Sakit Gigi : Ambil getahnya kemudian letakkan dikapas dan tempelkan pada gigi yang sakit
•    sakit Asma : keringkan batang dan tumbuh halus, ambil sekitar 1-2 sendok dan sajikan dengan air hangat. Anda bisa minum ini setiap pagi

tanaman pulaiJambu biji
Jambu biiji dikenal sebagai tanaman obat – obatan yang bisa mengatasi masalah sakit perut dengan cara :
•    Ambil daun jambu biji yang masih muda sebanyak 20 lembar
•    Cuci dan rebus
•    Atau bisa juga meredamkannya kedalam air pans selama 15 menit
•    minum airnya sebanyak 3 kali dalam sehari
•    Atau bisa juga dengan langsung makan daun yang sudah dicuci bersih sebanyak 3 lembar

Jeruk Nipis
Jeruk nipis menjadi tanaman obat – obatan yang bisa mengobati masalah batuk dan tenggorokan gatal. Caranya :
•    Untuk obat batuk anda bisa memeras airnya kedalam gelas kemudian tambah garam dan gula. Siap diminum selama seminggu pada pagi hari.

Mahoni
Tanaman obat – obatan yang memiliki nama latin wietenia mahagoni ini memiliki khasiat sebagai obat mengatasi malaria. Caranya adalah dengan kupas buah mahoni dan ambil bijinya kemudian anda bisa menembuk halus bijinya dan tambahkan dengan air matang sedikit. Anda bisa mengkonsumsinya untuk mengatasi masalah sakit malaria. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsinya langsung jika tahan dengan rasa pahitnya.

Mangga serat
Mangga serat adalah tanaman obat – obatan yang bisa digunakan dalam mengatasi masalah sakit perut atau sembelit. Caranya anda bisa ambil kulit batang mangga dan bersihkan. Kemudian tumbuk – tumbuk halus dan kemudian Anda bisa merebusnya. Bisa diminum 2 kali sehari.

Advertisement

Kayu Putih
Kayu putih memiliki manfaat dalam mengatasi masalah flu. Anda bisa menggunakan langsung daunnya dan meremasnya atau digosong ke tangan kemudian bisa anda cium wanginya.

Paliasa
Adalah tanaman obat – obatan yang mampu mengatasi masalah tekanan dalah tinggi. Anda bisa menggunakannya untuk menurunkan darah tinggi dari daunnya. Caranya sangat mudah tinggal ambil 2 – 3 lembar daun dan cuci bersih kemudian rebus dengan air sebanyak 3 gelas. Anda bisa mengkonsumsinya 1 kali dalam satu hari.

tanaman paliasaKayu Raja
Kayu raja bisa mengatasi masalah penyakit kusta. Caranya adana bisa mengambil bagian pohon seperti dan dan buah untuk mengatasi masalah ini. Kemudian cuci hingga bersih dan iris panjang. Kemudian Anda bisa memasukkannya kedalam mangkok dan tambahkan dengan air dingin. Basuh airnya kebadan setelah mandi pagi dan sore.

Aju Langi
Tanaman obat ini memiliki khasiat dalam mengtasi masalah penyakit kudis. Anda bisa mengambil bagian daunnya. Anda bisa mengambilnya sebanyak 8 lebar dan cuci bersih, kemudian goreng hingga gosong dan tumbuh hingga halus. Setelah selesai anda bisa menambahkannya dengan air jeruk nipis. Hasilnya anda bisa menggosokknya pada bagian tubuh yang terkena kudis dalam 2 kali dalam sehari hingga penyakit hilang.

Demikian informasi tentang resep dari tanaman obat – obatan yang bisa Anda manfaatkan bila terkena salah satu penyakit di atas. Selamat hidup sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *