Tanaman obat obatan tradisional

Tanaman obat obatan tradisional sangat banyak dilingkungan kita. Daerah kita yang terkenal dengan iklim tropis menjadi lahan yang subur akan tanaman obat yang dapat tumbuh dengan baik. Memanfaatkan tanaman obat sebagai bahan obat-obatan memang menjadi trend saat ini. Hal ini karena khasiatnya yang menyembuhkan juga karena obat dari tanaman cukup aman dikonsumsi.

Untuk mengenal lebih jauh aneka tanaman obat berkhasiat ini, berikut ini akan disajikan beragam tanaman obat obatan tradisional yang bisa dijadikan sebagai bahan dasar obat.

Sirsak
Daun sirsak adalah tanaman obat obatan tradisional yang sangat bermanfaat dalam mengatasi masalah demam yang terjadi pada anak – anak. Anda bisa menggunakannya dengan ambil daun yang masih muda kemudian tempelkan pada kepala anak. Sehingga demam anak kembali turun.

tanaman obat obatan tradisionalKelapa
Buah yang memiliki banyak manfaat untuk manusia ini ternyata memiliki juga manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Salah satu manfaatnya adalah untuk mengatasi keracuanan dan alegi. Anda biasa menggunakan buahnya untuk mengatasi masalah ini.

tanaman obat obatan tradisionalCara mengolah tanaman obat obatan tradisional ini adalah dengan mengambil buah kelapa yang masih muda, kupas dan ambil bagian airnya lalu anda bisa langsung minum sehingga alergi dan keracunan yang anda alami segara menghilang.

Pinang
Batang pinang sering digunakan untuk acara panjat pinang di 17 agustusan. Sedang daunnya banyak dimanfaatkan untuk mengatasi masalah gatal – gatal yang sering dialami.

tanaman obat obatan tradisionalAnda bisa menggunakan tanaman obat obatan tradisional dengan memanfaatkan daunnya yaitu membakarnya di atas api kemudian Anda bisa langsung menggunakan tanaman obat – obatan ini dengan menempelkannya pada bagian yang mengalami gatal – gatal.

Advertisement

Daun Salok
Daun yang masih dalam keluarga daun salok familli ini memiliki manfaat dalam mengatasi masalah panas dan demam. Sebenarnya hampir sama dengan pinang. Namun tanaman obat obatan tradisional yang masuk kategori jenis perdu ini biasanya banyak digunakan oleh masyarakat indonesia untuk mengatasi masalah panas dan demam dengan cara menempelkannya langsung sebanyak 8 lembar pada kepala dan badan.

Kamandre
tanaman obat obatan tradisional yang satu ini memiliki fungsi dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Banyak masyarakat indonesia yang mengggunakannya di saat musim dingin sehingga tubuh tetap fit dan juga tetap sehat bugar. Sebagai caranya Anda bisa mengambil bagian agarnya secukupnya kemudian bisa masukkan kedalam gelas dan tambahkan air panas. Anda bisa menambahkan teh sehingga rasanya lebih enak. Minum setiap pagi untuk hasil maksimal.

Galinggang
Tanaman obat – obatan ini biasanya bagian yang digunakan untuk obat adalah daun. Tanaman ini berkhasiat dalam mengatasi masalah sakit panu. Caranya anda tinggal mengambil daun yang masih muda kemudian anda bisa tumbuk hingga halus kemudian bisa langusung digosokkan pada bagain tubuh yang terkena panu. Gunakan tanaman obat obatan tradisional ini 1 kali dalam waktu 3 hari sesaat sehabis mandi.

Pisang
Buah yang satu ini ternyata selain memiliki rasa yang manis juga memiliki manfaat dan khasita hebat untuk mengatasi masalah kesahatan diantaranya adalah :
•    Mengobati luka : Anda bisa menggunakan batang daun pisang yang masih tumbuh ( bukan yang mati ) kerok sedikit lalu tempelkan pada bagian tubuh yang terluka
•    Mengatasi masalah maag : untuk mereka yang memiliki sakit maag bisa mengkonsumsi pisang 1 buah setiap pagi.

Bunga Tai Ayam
Bunga yang masih dalam keluarga Bangkara Famili ini memang memiliki bau yang tak enak. Tapi daun dari banga ini memiliki manfaat dalam mengatasi luka. Anda bisa mengambil daunnya yang masih muda kemudian remas dengan tangan. Ambil bagian sarinya dan tampelkan pada tubuh tang terluka.

Itulah beberapa tanaman obat – obatan yang sering kita temui tapi terkadang masih belum tahu manfaat dan bagaimana mengolahnya sehingga menjadi Tanaman obat obatan tradisional yang bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *