Tanaman obat dan khasiatnya

Beragam tanaman obat dan khasiatnya sudah terkenal sejak zaman dahulu kala. Jenis tanaman ini diketahui memiliki khasiat yang tidak sedikit, mulai dari menjaga kesehatan hingga menyembuhkan berbagai penyakit yang diderita. Bagi Anda yang memiliki faktor resiko penyakit tertentu, mengkonsumsi jenis tanaman obat tertentu dapat mencegah perkembangan penyakit lebih akut. Dengan kandungan vitamin, mineral serta zat-zat tertentu di dalamnya, sudah barang tentu tanamna obat menjadi alternatif penyembuhan paling aman.

Di sisi lain, keuntungan dari tanaman obat pun terbilang sangat beragam. Tak hanya kaya akan manfaat, cara pengembangbiakkan tanaman obat pun terbilang sangat mudah. Anda bisa membudidayakan tanaman obat dengan menggunakan teknik apotik hidup. Ini artinya para pemilik lahan terbatas atau sempit dapat memanfaatkan sisa lahan yang tersisa untuk mengembangbiakkan tanaman herbal. Bukan tidak mungkin, pekarangan rumah yang tersisa beberapa meter sajapun dapat Anda gunakan untuk menjaga kesehatan.

Berikut beberapa contoh tanaman obat dan khasiatnya bagi kesehatan.

Keji beling
Salah satu contoh tanaman obat dan khasiatnya adalah Keji beling. Untuk menemukan tanaman herbal satu ini, rasanya taklah sesulit dulu. Kini, beberapa perusahaan farmasi telah memproduksi suplemen ekstrak keji beling. Para konsumen bisa mendapatkannya dengan mudah di apotik-apotik terdekat. Meskipun demikian, rasanya tak berlebihan bila Anda membudidayakannya sendiri di rumah. Bagi para penderita ginjal, cobalah rajin mengkonsumsi keji beling secara rutin, guna memperbaiki fungsi ginjal yang sempat rusak.

tanaman obat dan khasiatnyaPada penyakit ringan layaknya disentri ataupun diare, cukup membuat minuman dari seduhan keji beling. Meminum tanaman obat dan khasiatnya yang satu ini, dapat menghentikan diare dan disentri yang diderita secepat mungkin. Selain itu, penderita kolesterol tinggi pun tak perlu khawatir mencari pengobatan yang terbilang mahal. Keji beling yang diolah dan dikonsumsi dengan cara benar dapat membantu menetralkan kadar kolesterol di dalam darah.

Kumis kucing
Kumis kucing sebenarnya bukanlah tanaman asli Indonesia, namun berasal dari dataran Afrika. Klon kumis kucing sampai ke Indonesia dan dikembangkan dalam 2 jenis, yakni kumis kucing berbunga putih dan ungu. Kebanyakan kumis kucing yang tersedia biasanya dalam bentuk kering maupun basah. Tanaman dengan batang basah yang menjulang ke atas tersebut dikenal sebagai tanaman herbal khasiatnya untuk penyakit rematik di dataran India.

tanaman obat dan khasiatnya kumis kucingMasyarakat Indonesia sering memanfaatkan kumis kucing untuk masalah diuretik. Sistem diuretik berkaitan langsung dengan pengeluaran air seni dari kandung kemih. Kondisi tersebut tentu saja berhubungan pula pada fungsi kerja ginjal serta ureter dan uretra. Mereka yang memiliki permasalahan kesehatan di daerah tersebut, dapat mengkonsumsi kumis kucing kering. Termasuk salah satunya adalah penyakit sifilis yang seringkali disebabkan oleh kebiasaan seksual tidak sehat.

Advertisement

Beluntas
Satu lagi tanaman obat dan khasiatnya adalah beluntas. Jika dilihat sekilas, beluntas hanya terlihat layaknya tanaman perdu yang tidak memiliki manfaat. Nyatanya, tanaman herbal satu ini memiliki khasiat yang tak kalah dari apotik hidup jenis lainnya. Di beberapa daerah diketahui beluntas pun dijadikan pilihan lalapan sebagai pendamping makanan. Beluntas yang telah direbus pun bisa pula digunakan untuk mengatasi penyakit kulit pada seseorang. Biasanya penyakit yang kerapkali disembuhkan oleh beluntas adalah panu.

tanaman obat dan khasiatnya beluntasWalaupun demikian, manfaat beluntas tak berhenti sampai disini saja. Para wanita maupun pria yang merasa kurang percaya diri akibat bau badan, bisa menghaluskan beluntas dan menjadikannya sebagai cara mengatasi bau badan. Begitu pula halnya dengan diare, panas tinggi, serta batuk yang tengah diderita oleh buah hati. Ekstrak tanaman beluntas pun disebutkan mengandung minyak atsiri dan antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan. Komponen antibakteri pada tanaman beluntas patut Anda jadikan pilihan tanaman obat dan khasiatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *