Tanaman Obat dan Khasiatnya Bagi Kesehatan

Tanaman obat dan khasiatnya – Jika ditilik dari sisi manfaat, tanaman obat pastinya bisa digunakan pada kehidupan sehari-hari. Anda bisa memetik dari pekarangan sendiri dan mengolahnya menjadi minuman bagi kesehatan. Sedangkan dalam kondisi darurat, tanaman obat dan khasiatnya siap memberikan manfaat berlebih bagi tubuh. Contohnya saja sebagai anti radang yang mengurangi peradangan akut pada nyeri sendi ataupun infeksi. Begitu pula halnya dengan anti inflamasi yang mengurangi infeksi ataupun perasaan tak nyaman saat penyakit kambuh.

Bagi orang kreatif, keberadaan tanaman obat dipandang jauh lebih ekonomis. Tanaman obat sengaja dibudidayakan dan dijadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Mengingat beberapa macam tanaman obat yang memang susah ditemukan di pasaran dan dijual dengan harga tinggi. Bisa dibilang ini adalah langkah bijak, yakni hidup sehat sekaligus berpenghasilan dari tanaman obat. Apalagi memulai bisnis inipun dapat dilakukan dari pekarangan rumah sendiri, yang terbilang sempit.

Seperti yang kita ketahui, hampir di semua pasar tradisional menjual rempah-rempah ataupun tanaman herbal yang umum kita jumpai. Entah itu tanaman herbal yang berkhasiat bagi kesehatan ataupun ditambahkan pada masakan pendamping. Keberadaan tanaman obat dan khasiatnya inilah yang menumbuhkan harapan hidup seseorang. Mereka yakin bahwa mengkonsumsi tanaman herbal mampu meningkatkan kesehatan serta menyembuhkan penyakit yang diderita.

Tanaman obat dan rempah
Secara ilmiah, beberapa tanaman herbal memang diketahui mengandung zat saponin, polifenol serta antioksidan yang tinggi. Inilah mungkin yang menjadi alasan mengapa tanaman herbal patut untuk dibudidayakan dan terus dikonsumsi. Di sekitar kita sendiri, ada beberapa tanaman herbal yang patut Anda coba guna menjaga kesehatan tubuh, yakni.

Jahe
Siapa yang tidak mengenal rempah-rempah satu ini? Hampir semua orang mengenal dan doyan menambah jahe dalam menu minuman hangat mereka. Jahe memang dikenal mampu memberikan kehangatan saat diteguk bersama minuman. Di beberapa daerah, wedang jahe dengan beberapa variasinya menjadi daya tarik tersendiri. Jogja misalnya, ada sekoteng yang menambahkan air rebusan jahe sebagai kuah utama minuman tersebut.

Tanaman Obat dan Khasiatnya jaheKandungan oleoresin pada jahe diketahui bersifat antioksidan dan dikenal sebagai gingerol. Tak salah bila kehadiran tanaman obat dan khasiatnya yang satu ini mampu menjawab segala permasalahan Anda. Pada pengobatan tradisional, jahe bisa digunakan untuk membalur sendi yang tengah terkilir. Konsumen pun dapat mengatasi mabuk perjalanan darat dengan mengunyah ataupun mengkonsumsi wedang jahe. Selain itu, Anda yang memiliki keluhan pada perut serta masuk angin pun patut mengkonsumsi air seduhan jahe.

Temulawak
Salah satu tanaman obat dan khasiatnya adalah temulawak. Rempah yang satu ini pastinya tidak terlalu asing bagi para ibu ataupun orangtua. Temulawak kerapkali digunakan untuk meningkatkan nafsu makan pada buah hati yang tengah bermasalah. Tanaman asli Indonesia tersebut telah mendapatkan predikat mencengangkan dari beberapa peneliti. Bahkan 4 tahun ke belakang, temulawak hadir dalam sebuah gerakan nasional mengkonsumsi temulawak. Menilik hal tersebut, tak salah memang kalau temulawak dijadikan apotik hidup di rumah Anda.

Advertisement

tanaman obat dan khasiatnya temulawakManfaat temulawak yang paling berasa sendiri adalah anti inflamasi atau anti radang. Pada beberapa kasus penggumpalan darah, antioksidan pada temulawak diyakini mampu mengencerkan kondisi tersebut. Di samping itu, kadar kolesterol dalam darah pun bisa ditekan dan berada pada kondisi normal. Untuk masalah kecantikan, wanita Indonesia perlu memanfaatkan temulawak sebagai penghilang jerawat. Membersihkan jerawat dengan campuran temulawak dan kunyit diketahui mampu memberikan hasil lebih optimal.

Itulah beberapa Tanaman obat dan khasiatnya bagi kesehatan kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *