Tanaman Obat Berkhasiat

Indonesia memang dikenal sebagai negara dengan kekayaan banyaknya tanaman obat dan beberapa jenis rempah – rempah. Beberapa tanaman herbal yang ada di Indonesia memiliki khasiat dalam menyembuhkan beberapa penyakit, mulai dari yang sangat ringan hingga sangat parah sekalipun. Hanya saja saat ini masyarakat indonesia, malah banyak yang lebih suka menggunakan produk kesehatan yang berasal dari luar dengan bahan yang terbuat dari kimia.

Sangat miris memang. Padahal, pada kenyataan kita sebenarnya tak perlu lagi untuk menghabiskan uang banyak untuk biaya berobat penyakit, karena di Indonesia sendiri ada banyak sekali tanaman obat alami yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit ini. Dengan lebih mengenali tanaman obat ini maka Anda akan lebih mengetahui apa saja manfaat yang diberikan dari tanaman obat ini.

5 Jenis Tanaman Obat Yang Sangat Berkhasiat

Tanaman obat atau banyak juga yang menyebutkannya sebagai tanaman herbal memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan manusia. Selain itu, beberapa jenis tanaman obat ini sudah teruji secara klinis oleh beberapa ilmuwan sebagai obat yang biasa menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Dan berikut ini adalah beberapa jenis tanaman herbal atau tanaman obat yang bisa menyembuhkan penyakit manusia secara mudah diantaranya adalah :

Seledri
seledriSeledri atau yang memiliki nama latin Apium Gravioles ini mungkin selama ini bukan tanaman yang asing. Banyak masyarakat indonesia yang menggunakan tanaman ini untuk penyedap rasa makanan. Tapi yang perlu anda ketahui jika seledri juga memiliki fungsi sebagai tanaman obat alami. Hal ini dikarenakan seledri memiliki banyak kandungan kalsium, fosfor dan beberapa zat lainnya.

Beberapa penyakit yang bisa di sembuhkan dengan selederi adalah Obat Asam Urat. Caranya Anda hanya cuma bisa harus membuat rebusan dan ambil biji selederi yang dicampurkan dengan segelas air. Anda bisa minum setiap hari.

Blustru
blustruBlustru atau biasanya disebut dengan nama ketela manis adalah jenis tanaman obat yang sudah memiliki fungsi untuk kesehatan secara turun temurun. Hanya saja saat ini tanaman ini sangat jarang sekali digunakan sebagai bahan utama untuk obat – obatan herbal. Padahal pemilik nama latin Luffa Aegyptica Mill ini memiliki khasiat dalam mengobatai penyakit asma.

Advertisement

Dengan cara yang sangat mudah Anda bahkan bisa menggunakan tanaman ini untuk mengobati asma. Caranya, anda tinggal hanya mencuci daun blustru kemudian disimpan diatas nasi yang sedang akan masak. Makanlah sebagai lalapan maka asma akan segera di sembuhkan.

Tongkat Ali
tongkat aliTongkat ali atau pasak bumi adalah tanaman yang ada di indonesia dan hanya tumbuh di kawasan kalimantan. Tongkat ali memiliki khasiat untuk memperbaiki kadar hormon estosteron pada diri seorang pria selain itu bisa juga untuk menambah gairah seksual pada diri seorang pria.

Tanaman obat ini juga mampu mengatasi masalah ejakulasi dini. Bahkan beberapa toko herbal banyak yang menjual olahan tanaman ini dalam bentuk teh, kopi dan dalam bentuk kering.

Mengkudu
Buah mengkudu memang memiliki banyak nama yang berbeda – beda. Walaupun demikian, tanaman ini memiliki banyak sekali manfaat. Selain banyak yang menggunakannya sebagai makanan pembuka dan untuk jus.

Tapi tahukah anda kalau buah mengkudu memiliki manfaat untuk mengobati jantung koroner dan bisa membantu dalam proses pencegahannya juga. Untuk mendapatkan manfaat ini anda hanya perlu untuk minum jusnya dengan ditambahkan dengan madu.

Lidah Buaya
lidah buayaLidah buaya atau yang memiliki nama latin Aloe Vera daru zaman dulu memang banyak dimanfaatkan untuk bahan dalam perawatan kecantikan dan tanaman obat, namun saat ini, penellitian dari jepang sedang melakukan pengembangan untuk melihat manfaat lidah buaya sebagai obat kanker.

Sebenarnya ada banyak sekali tanaman obat yang ada di indonesia dengan banyak resep olahannya. Namun, saat memilih tanaman obat sebagai obat dalam mengatasi masalah beberapa penyakit dan mencegahnya. Maka penyakit akan sangat mudah sembuh dan resikonya juga sangatlah kecil. Untuk itu, lebih baik untuk mengkonsumsi tanaman obat sehingga tubuh menjadi benar – benar lebih sehat.

4 thoughts on “Tanaman Obat Berkhasiat

  1. Pingback: Resep dari Tanaman Obat - obatan

  2. Pingback: Tanaman obat obatan tradisional | by askeps

  3. Pingback: Tanaman obat obatan tradisional | ASKEPS.com

  4. Pingback: Tanaman Obat – Obatan | ASKEPS.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *