Sport Exercise Medicine Untuk Cidera Akibat Olah Raga

Bagi para para pecinta olahraga tetapi memiliki cidera dan tetap ingin melakukan kegiatan fisik tersebut maka program Sport & Exercise Medicine sangat berguna untuk diikuti. Lalu apa dan bagaimana program Sport & Exercise Medicine itu dijalankan?

Sport & Exercise Medicine adalah pusat pelayan yang mengelola dan meningkatkan kesehatan melalui latihan fisik dan meningkatkan kesehatan melalui pelatihan fisik. Saat mengikuti program ini pasien akan mendapatkan pendampingan medis terdiri dari dokter ortopedi, dokter Sport Medicine, sport fisioterapis dan pelatihan fisik.

Sport & Exercise Medicine Centre

Program Sport & Exercise Medicine ini sangat cocok diikuti oleh pasien dengan kondisi seperti cidera pada system/alat gerak tubuh (otot, ligament dan tulang), cidera pada pelaku oleah raga dan atlet, olah raga bagi pasien dengan kondisi degenerative seperti osteoporosis atau kondisi medis tertentu seperti diabetes dan lain sebagainya, olahraga bagi pasien dengan kelebihan berat badan dan olah raga yang aman bagi usia lanjut.

Pada pusat pelayanan Sport & Exercise Medicine biasanya telah dilengkapi dengan peralatan denagn teknologi inovatif seperti treadmill anti gravitasi dan dilengkapi berbagai program yang disesuaikan dengan kebuituhan pasien.

Tim Sport & Exercise Medicine akan menangani pasien secara komprehensif sesuai dengan kebutuhan pasien yaitu pemeriksaan awal lalu program terapi kemudian penilaian tingkat kebugaran dan analisa komposisi tubuh selanjutnya dilakukan peningkatan performa dan pencegahan cidera sehingga pasien bisa kembali berolahraga.
Program Sport & Exercise Medicine merupakan sinergi dari ilmu pengetahuan, program nutrisi seimbang dan program rehabilitasi. Selain itu Sport & Exercise Medicine melibatkan dokter ahli lainnya seperti dokter gizi klinik, dokter akupuntur dan dokter ahli terkait lainnya.

Dengan mengikuti program Sport Exercise Medicine ini maka diharapkan pasien dapat kembali berolahraga dengan aman bagi pasien cidera otot, ligament atau tulang, baik untuk pelaku olahraga maupun atlet. Mengurangi berat bedan secara aman dan teratur bagi pasien dengan kelebihan berat adan atau obesitas. Dapat melakukan aktifitas fisik sehari-hari dengan nyaman dan meningkatkan kebugaran fisik bagi pasien dengan konsidi medis tertentu dan juga pasien usia lanjut. Dapat meningkatkan performa fisik secara terukur melalui program yang diikuti bagi atlet dan pelaku olah raga.

Advertisement

Salah satu rumah sakit yang memiliki program Sport & Exercise Medicine ini adalah Mayapada Healthcare Group (MHG) dimana program ini dapat dijadikan solusi untuk memenuhi kebutuhan konsultasi bagi atlet ataupun para pecinta olahraga.

Pusat kesehatan olahraga dan latihan ini dapat memberikan pelayanan mulai dari preventif, kuratif sampai rehabilitatif. Selain itu terdapat pula terapi latihan fisik menggunakan treadmill dengan teknologi anti gravitasi, yang dinamakan Alter G.

Teknologi yang terdapat pada treadmill anti gravitasi tersebut diadaptasi dari teknologi NASA dan telah dipatenkan. Treadmill ini hanya ada satu-satunya di Indonesia. Keungulan dari treadmill anti gravitasi ini adalah mampu mengangkat pengguna hingga 80% dari berat badan seseorang. Hal tersebut disebabkan karena adanya teknologi differential air pressure.

Treadmill teknologi differential air pressure sangat berguna untuki pasien dengan kasus cedera muskuloskeletal, kasus obesitas, hingga masalah persendian misalnya pada lansia.