Pilih Alat Pengukuran Tekanan Darah Yang Tepat

Memantau tekanan darah tinggi atau hipertensi saat ini tidak harus datang ke pusat layanan kesehatan seperti rumah sakit, laborat ataupun dokter. Kini kita dapat melakukannya pengukuran tekanan darah  sendiri di rumah. Asalkan, alat kesehatan medis yang kita pakai mampu memberikan hasil yang akurat. Waktu sering kali sebagai factor orang lupa untuk memikirkan kesehatannya. Tuntutan kerja di kota besar dengan dinamisasi kerja tinggi kadang mengalahkan kepentingan kesehatan, tak terkecuali dengan pengukuran tensi. Padahal, pengukuran tekanan darah berhubungan dengan penyakit darah tinggi. Hipertensi atau darah tinggi merupakan salah satu factor utama penyebab penyakit stroke, serangan jantung dan juga gagal ginjal yang tak jarang berujung pada kematian.

Penyebab penyakit darah tinggi bisa bermacam-macam, antara lain factor genetic dan gaya hidup tidak sehat. Cara tebaik untuk menghindari hipertensi dengan melakukan olah raga rutin, menghindari stress dan mengkonsumsi makanan yang tepat. Namun, bagi mereka yang telah terlanjur menderita penyakit ini, salah satu kuncinya adalah dengan pengukuran tekanan darah dan memantau tekanan darah agar tekanan darahnya terkendali.

Pengukuran Tekanan Darah Antipasi Serangan Jantung Koroner

Tekanan darah manusia kerap berubah. Biasanya, tekanan darah cenderung berada pada tingkat paling rendah di antara pukul 02.00 dan 04.00. Setelah pukul 04.00, terdapat sentakan pagi hari dalam pembacaan tekanan darah yang mencapai puncaknya pada sekitar 06.00 pagi. Kemudian akan terjadi penurunan bertahap saat menuju senja dan dilanjutkan dengan pembacaan lebih rendah di malam hari yaitu sekitar 13 dan 17 persen lebih rendah. Karena itu perlu dilakukan pengukuran tekanan darah secara intensif.

Naiknya tekanan darah di pagi hari tersebut sering dikaitkan dengan naiknya kejadian cardio vaskuler, termasuk infraksi myocardial akut, stroke iskemik  dan Haemorhagic, serta kematian kardiovaskuler mendadak. Pola perbedaan tekanan darah ini dapat diantisipasi dengan alat pengukur tensi sendiri yang bisa digunakan dimanapun.

Pilih Alat pengukuran tekanan darah yang sudah divalidasi

Pembacaan tekanan darah dirumah memiliki akurasi tinggi karena pengukuran tekanan darah dilakukan dalam beberapa kurun waktu, sehingga hasilnya lebih akurat. Pengukuran tensi sendiri ini lebih nyaman dan lebih disukai. Tak heran jika di Amerika Serikat penggunaan alat pembaca tensi di rumah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Menurut sebuah survey, dokter telah merekomendasikan penggunaan alat pemantau (monitor) tensi di ruah. Jika digunakan bersamaan dengan telemonitoring, cara ini berpotensi untuk mendapatkan kepatuhan pengobatan yang lebih baik dan mengatasi inersia klinis (therapeutic inertia) sehingga pengawasan tekanan darah menjadi optimal.

Banyaknya alat pengukur tensi darah digital yang dijual oleh penjual alat kesehatan dan harga alat tensimeter digital murah sebagai pengukur tekanan darah tinggi yang digunakan di rumah, mengharuskan kita lebih selektif dalam memilih alat pengukur tensi yang tepat. Akurasi alat pengukuran tekanan darah harus sudah divalidasi secara independen sesuai dengan protocol international.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *