Penyakit Membran Hialin

Penyakit Membran Hialin – Sebelum kelahiran paru terisi oleh cairan sekitar 10-15% berasal dari keseluruhan cardiac out put, menit menit pertama kehidupan sebagian besar cairan yang berada dalam paru diabsorbsi atau dikeluarkan, paru terisi oleh udara dan aliran darah menuju paru meningkat secara tajam 8-10 kali lipat.

Kompleksitas perubahan paru ,maupun perubahan  hemodinamik yang terjadi pada bayi baru lahir selama proses persalinan harus dipahami dengan baik,  ternyata  sebagian besar bayi dapat melewati masa peralihan kehidupan intra uterin ke ekstrauterin dengan baik.

Gangguan napas merupakan masalah yang sering dijumpai pada hari hari pertama kehidupan bayi baru lahir, ditandai dengan takipnea,napas cuping hidung,retraksi intercostal,sianosis dan apnu. Gangguan napas yang paling sering ialah TTN ( Transient Tachypnea of The Newborn ), RDS (Respiratory Distress Syndrome) atau PMH  ( Penyakit Membran Hialin ) dan Displasia bronkopulmoner.

penyakit membran hialin

Respiratory distress syndrome ( RDS ) atau Sindrom Gangguan Napas ( SGN ) dikenal juga sebagai Penyakit Membran Hialin, hampir terjadi sebagian besar pada bayi kurang bulan. Insidens dan derajat penyakit ini berhubungan erat dengan umur kehamilan.

Keluaran PMH ini beberapa tahun terakhir membaik dengan penggunaan steroid antenatal untuk meningkatkan kematangan paru , terapi pasca natal dengan pemberian surfaktan secara dini untuk kasus defisiensi surfaktan dan teknik penggunaan ventilator mekanik yang baik yang dapat mengurangi kerusakan paru yang masih imatur.

Terapi ini juga meningkatkan tingkat survival bayi kurang bulan. Meskipun sudah menurun,insidens dan derajat beratnya komplikasi masih menunjukkan morbiditas yang signifikan.

Advertisement

Bayi  dengan RDS dapat mengakibatkan gagal napas akut sehingga terjadi ketidakmampuan untuk memelihara pertukaran gas agar dapat memenuhi kebutuhan tubuh dan akan mengakibatkan hipoksemia dan/ atau hiperkarbia.

Hipoksemia sering terjadi akibat gangguan ventilasi perfusi, pirau intra pulmonal, gangguan difusi atau hipoventilasi. Gangguan napas hiperkapnik penyebabnya multi faktor, sering disebabkan depresi pernapasan sentral atau pemompaan otot pernapasan yang tidak adekuat.

Definisi Penyakit Membran Hialin

Penyakit membran hialin adalah suatu keadaan paru bayi mengalami defisiensi surfaktan yang mengakibatkan paru sulit mengembang secara sempurna.

RDS/PMH akan terjadi pada sekitar 1% pada bayi kurang bulan. Insidens nya akan semakin menurun dengan bertambahnya usia kehamilan sekitar 50% bayi baru lahir dengan masa gestasi 26-28 minggu ditemukan adanya RDS/PMH, dan 25% dengan masa gestasi 30-31 minggu.

RDS juga dapat dijumpai pada bayi baru lahir dengan ibu DM,  dan bayi kembar kurang bulan. RDS masih merupakan problem yang  sering dijumpai  pada bayi kurang bulan dengan berat < 1500 gram, yang dirawat di unit perawatan intensif neonatus.

Bayi baru lahir yang ibunya mendapat suntikan steroid antenatal, serta pemberian terapi surfaktan intratrakheal setelah bayi lahir, maka karakteristik perjalanan penyakit RDS dapat tidak terlihat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *