Penyakit Lansia dan Pencegahannya

Saat memasuki usia lansia maka sering diikuti dengan menurunnya stamina tubuh. Tubuh mulai rentan terhadap berbagai penyakit yang bisa timbul. Artikel kali ini akan mengulan beragam penyakit Lansia dan pencegahannya.

Dementia
Dementia atau sering disebut sebagai pikun adalah kondisi dimana memori seseorang akan semakin lemah diakrenakan bertambahnya usia. Dementia sendiri terbagi menjadi 2 yaitu kotikal dan subkrtikal. Dementia kortikal akan menyebabkan penyakit Alzheimer sedagkan untuk dementia subkortikal meyerang pada penderita AIDS, Multiple sclerosis dan hidrosefalus.

Pada usia 65 tahun ada sebanyak 5% nya menderita penyakit Alzheimer mnyerang sedangka untuk usia 80 tahun ada 20% nya. Penyakit yang meghancurkan sel memori ini sebenarnya dapat dicegah sejak dini. Dari beberapa penelitian menyebutkan bahwa kebiasaan mengkonsumsi ikan laut sejak dini dapat menghambat Alzheimer karena ikan laut banyak mengandung asam lemak omega 3,6, dan 9 yang menrupakan protein penghasil asetilkolin.

Stroke
Stroke adalah sebuah momok yang sering menjadi penyebab kematian dan menimbulkan kecacatan pad seseorang. Stroke disebabkan karena menyempitnya pembuluh darah otak dan kemudian pecah sehingga menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak sensoris dan sel otak motoric.
Untuk mencegah stroke adalah berusaha untuk mngendalikan tekanan darah tinggi dengan diet rendah garam, diet rendah lemak, tidak merokok, olahraga secara teratur.

Jantung Koroner
Jantung coroner adalah penyebab kematian nomor satu di Indonesia. Walapun sebenarnya dengan dilakukan pengobatan secara mekanik seperti pemasangan ring atau operasi bypass dapat memberi harapan hidup para penderita jantung lebih panjang.

Dari penelitian yang dilakukan dsi Amerika memberi gambaran mengenai hasil yang cukup menggembirakan pengobatan menggunakan teknologi reperfusi ini.

Kanker.
Dari penerlitia ditemukan bahwa 35% kematian yang disebabkan kanker dipicu oleh unsur yang terkandung dalam makanan kita setiap harinya. Unsur tersebut dapat berupa sisa pestisida pada produk pertanian, pemakaian formalin sebagai pengawet, pemakaian melamin, plastic polyvinyl, pemakaian bahan pemutih beras dan zat karsinogenik.

Advertisement

Sebagai indformasi penyaki kanker menjadikan pembumbunuh kedua setelah stroke dan kanker. Menghindarkan diri dari sumber radikal bebas dan mengkonsumsi antioksidan terbukti dapat menahan timbulnya kanker.

Diabetes
Diabetes adalah salah satu penyakit yang memiliki hubungan erat terhadap evolusi kehidupan manusia. Semakin modern gaya hidup maka aktivitas fiosik semakin berkurang. Gaya hidup yang mengurangi aktivitas fisik dan mengkonsumsi makanan yang berlebih menjadi salah satu penyebab penyakit diabetes.

Banyaklah melakukan aktivitas fisik dan mengkonsumi makanan sehat untuk mendapatkan hidup yang lebih sehat.

Rematik
Saat menderita rematik khusunya pada orang tua akan sangat menghabat aktivitas sehari hari. Selain itu akan mengakibatkan  meningkatnya berat badan yang selanjutnya memicu penyempita pembuluh darah. Ada 3 jenis rematik yang kita kenal yaitu rematik beba, rematik autoimun dan rematik gout.

Rematik beban yang sering disebut juga sebagai osteoatrosis ini merupakan pengeroposan sendi Sebenarnya dengan mengkonsumsi susu, kedelai dan ikan dapat mencegah perkembangan penyakit ini.

Monopause
Pada wanita berusia 55 tahun siklus mentruasi akan berakhir hal ini yang diseut sebagai masa menopause. Walapun demikian tidak menutup kemungkinan akan terjadi pada usia lebih muda. Menopause dini terjadi Karen kurangnya aktivitas fisik, tingginya stress, memakai obat hormone, merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol.

Cara mencegah menopause dini dapat dilakukan dengan cara mengatur pola hidup sehat denga berolahraga dan engkonsumsi sayuran dan makanan yang mengandung white protein seperti ikan, kedelai dan susu.

Kelainan Mata dan Telinga
Kelainan mata adalah salah satu proses penuaan atau degenerative. Selai proses penuaan, salah satu bentuk kelainan mata juga dipicu oleh pancaran sinar layar computer dan TV.

Cara mengatasi nya adalah dengan menerapkan teknik rule of twenty yaitu mengistirahatkan mata setelah menatap layar computer selama 20 menit dengan melihat objek sejauh 20 meter selama 20 detik.