Waspada Penyakit Kaki Gajah

Penyakit kaki gajah apa dan bagaimana solusinya ? simak artikel berikut ini. Cuaca yang tidak menentu memang bisa mengkibatkan mewabahnya beberapa penyakit. Khususnya penyakit yang disebabkan oleh nyamuk. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh nyamuk adalah penyakit kaki gajah.

Penyakit gajah ini disebabkan oleh cacing flaria yang ditularkan oleh beberapa jenis nyamuk dari golongan Anopheles, Culex, Mansonia, Aedes dan Armigeres. Nyamuk yang menghisap darah manusia sekaligus akan menularkan cacing ke dalam tubuh manusia dan kemudian cacing penyebab penyakit ini akan berkembang didalamnya.

Pada awalnya, cacing yang ada di dalam nyamuk ini disebut dengan Mikrofliria. Bentuk mikrofliria ini seperti sosis dan disebut dengan larva stadium I. Dalam waktu satu minggu, larva stadium I ini berganti kulit, tubuh menjadi gemuk dan panjang yang disebut dengan larva stadium II. Pada minggu kedua, larva berganti kulit untuk kedua kalinya, sehingga tubuh larva tersebut menjadi lurus dan panjang. Larva ini disebut dengan larva stadium III. Larva stadium III sangat aktif, sehingga larva ini berpindah-pindah sampai ke alat tusuk nyamuk yang nantinya berpindah ke tubuh manusia.

Larva stadium III ini dapat masuk menembus kulit manusia saat nyamuk menggigit seseorang. Dari situ, larva stadium III akan langsung menuju ke kelenjar limpa. Di dalam kelenjar limpa inilah kurang lebih dalam waktu 9 bulan, larva satidum III menjadi larva dewasa yang mengakibatkan penyakit kaki gajah pada penderita.

Cacing flaria dewasa ini akan penyumbat pembuluh limpa dan menyebabkan penyumbatan aliran limpa. Biasanya, yang terinfeksi cacing flaria ini adalah kelenjar limpa yang ada di daerah lipatan paha atau selangkangan. Sumbatan ini dapat ditemukan di kedua kaki atau salah kaki saja.

Penyakit kaki gajah ini bisa digolongkan ke dalam penyakit menahun atau tahunan (kronis). Cacing flaria dewasa dapat bertahan cukup lama sampai lebih dari 10 tahun di dalam tubuh penderita. Dimana pada saat itu cacing fliria terus berkembang biak.

Dan parahnya, penyakit yang disebabkan oleh cacing flaria ini mudah sekali tertular. Seekor nyamuk yang menggigit penderita kaki gajah dapat membawa cacing flaria ini ke tubuh orang lain.

Advertisement

Gejala Penyakit Kaki Gajah

Penyakit Kaki gajah merupakan penyakit menahun atau kronis yang bisa menjangkit didalam tubuh manusia dalam jangka waktu yang lama. Pada mulanya, seseorang yang sudah terjangkit cacing flaria didalam tubuhnya memang tidak mengalami keanehan. Orang tersebut tidak akan merasakan sakit, tidak ada keluhan apapun. Tapi, orang tersebut sudah bisa menularkan cacing flaria ke tubuh orang lain.

Dalam jangka waktu yang lumayan lama, penderita mulai merasakan infeksi akut akibat peradangan. Terjadi demam mendadak, nyeri, bengkak, dan keanehan di sekitar kelenjar limpa yang ada di paha atau selangkangan. Tidak hanya ada di paha dan selangkangan, beberapa kasus pada laki-laki juga menyerang daerah genital sehingga terjadi pembengkakan pada buah zakar.

Pada kasus yang tergolong berat, penyakit ini ditandai dengan terbentuknya abses kelenjar getah bening yang bisa pecah dan mengeluarkan nanah dan darah, terjadi pembesaran pada tungkai, lengan, ketiak sampai buah dada yang kemerahan dan terasa panas.

Pencegahan dan pengobatan kaki gajah

Pencegahan yang paling utama adalah menjaga kebershian lingkungan agar tidak banyak nyamuk yang bersarang di sekitar lingkungan. Lakukan 3M (Menutup, Membuang dan Mengubur). Gunakan kelambu pada tempat tidur atau gunakan obat pengusir obat nyamuk.

Tes darah anda di rumah sakit atau laboratorium terdekat untuk memastikan anda terhindar dari cacing flaria, karena gejala awal penyakit ini tidak terasa sama sekali. Anda bisa melawan penyakit ini dengan lebih mudah dengan anda mengetahui sejak dini apakah anda terjangkit cacing flaria atau tidak.

Jika anda benar-benar sudah terjangkit penyakit kaki gajah ini, minumlah obat cacing seperti DEC, albendazole, ivermektin dan lain-lain. Atau segera bawa ke rumah sakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *