Penyakit Eksim Perawatan dan Cara Pengobatannya

Eksim – Salah satu penyakit yang sering terjadi disekitra kita cukup beragam salah satunya adalah penyakit eksim atau eksem. Penyakit eksim ini dalam bahasa medis disebut dengan dermatitis atopik yang merupakan timbulnya sebuah alergi pada kulit. Segala golongan usia bisa mengidap penyakit eksim ini baik itu balita maupun orang dewasa.

Kulit yang terkena alergi tersebut biasanya akan timbul kemerahan sebagai radang dan terasa gatal. Timbulnya eksim ini sering pada pergelangan tangan dan pada lipatan lipatan kulit yang sering lembab seperti pada belakang lutut ataupun ipatan siku.

gambar eksimEksim ditandai dengan munculnya radang kemerahan pada kulit dimana pada lokasi radang tersebut kulit akan menebal dan berkerak. Seringkali timbul infeksi kala penderita menggaruk dengan tangan yang tidak bersih sehingga timbul luka. Pada beberapa kejadian eksim tertentu kulit bisa timbul lepuhan dan bahkan mengeluarkan cairan.

Beberapa Penyebab Eksim

Penyebab eksim sendiri adalah disebabkan oleh beberapa pemicu yang bersentuhan dengan kulit. Pemicu tersebut bisa berupa kosmetik yang tidak cocok dengan kulit, diterjen, perhiasan dan juga bagian tubuh yang lemab.

Orang yang sering mengalami stress atau tingkat stress yang tinggi juga rawan terhadap penyakit eksim ini. Selain itu perubahan suhu dan alergi juga menjadi factor penyebab eksim pada kulit. Meskipun penyakit eksim ini tidak menular tetapi bisa diturunkan bila ada keluarga yang mempunyai riwayat alergi atau asma.

Cara Mengobati Eksim

Untuk mengobati penyakit eksim ini ada beberapa cara yang bisa ditempuh salah satunya adalah dengan melakukan pengobatan eksim tanpa obat yaitu dengan teknik relaksasi. Relaksasi merupakan salah satu cara untuk mengurangi stress yang menjadi salah satu pemicu timbulnya kesim di kulit.

Untuk menghindari timbulnya luka pada eksim maka usahakan jangan menggaruk eksim pada saat timbul rasa gatal. Salah satu cara untuk melindungi dari garukan adalah dengan cara menutup eksim memakai perban. Jagalah selalu kebersihan tangan seperti selalu mencuci tangan, memotong kuku untuk menghindari luka saat tidak sengaja menggaruk eksim saat tidur malam. Usahakan untuk memakai pakaina yang menyerap keringat agat kulit tidak lembab.

Advertisement

Obat penyakit eksim bisa memanfaatkan tumbuhan yang ada disekitar kita salah satunya dengan memanfaatkan daun sirih. Caranya dengan memanfaatkan air rebusan 20 lembar daun sirih untuk membersihkan eksim. Selain itu daun sirih juga bisa dibakar dan diletakkan pada kulit yang terkena eksim.

Selain menggunakan daun sirih obat penyakit eksim bisa juga menggunakan rebusan daun kangkung untuk mencuci bagian kulit yang terkena eksim. Air rebusan kangkung bisa mengurangi rasa gatal yang timbul pada eksim.

Obat Apotik Untuk Eksim

Pada gejala eksim ringan sebenarnyan akan sembuh dengan sendirinya. Walaupun demikian kita harus menjaga supaya kulit jangan terlalu kering. Untuk salep eksim atau obat oles biasanya diresepkan krim hidrokortison dan untuk inferksi yang timbul dengan obat antibiotik. Penggunaan krim hidrokortison di area kulit yang terkena eksim dapat memabantu menjaga kelembaban. Pakailah krim ini beberapa kali dalam sehari.

Untuk obat apotik untuk obat penyakit eksim biasanya berupa obat yang berbahan antihistamin. Obat tersebut akan megatasi rasa gatal yang timbul akibat eksim. Pada penderita eksim akut, krim steroid atau obat antihistamin sanagtlah memabantu penderita eksim untuk mengurangi gatal. Cara pengobatan eksim lainnya bisa memakai kompres dingin, antibiotik, kortikosteroid, dan fototerapi.