Penyakit Demam Berdarah dan Gejalanya

Penyakit demam berdarah dengue mempunyai 4 derajat yang juga menunjukkan pada tingkat keparahannya. Sebenarnya tidak semua penderita DBD harus dirawat di Rumah Sakit. Jika pasien cukup baik dan kuat, mampu untuk makan dan minum dan juga mempunyai jumlah trombosit cukup aman di atas 100.000 maka penanganan sakit demam berdarah bisa dengan melalui rawat jalan saja. Pencegahan penyakit demam berdarah dengue dengan dipastikan bahwa pasien tetap harus mendapatkan cairan yang cukup dengan minum air berkisar 2,5 -3 liter per hari sampai dapat berkemih berkali kali. Juga harus tetap kontrol rutin ke laboratorium untuk memantau jumlah trombosit karena bisa saja terjadi dalam perkembangannya kondisi pasien semakin parah.

Ada juga pemeriksaan khusus untuk memastikan apakah penderita terkena demam berdarah dengue DBD atau tidak yang dilakukan dihari hari tertentu. Tetapi kalaupun hasilnya negative tidak berarti gejala yang diderita pasien bukanlah DBD. Jika stadium tidak berat pasien bisa sembuh dengan sendirinya setalah 6-8 hari hingga kondisi membaik. Tetapi perlu waspada juga kemungkinan pasien akan memburuk. Pencegahan penyakit demam berdarah dengue perlu dilakukan pemantauan gejala melalui hasil pemeriksaan laboratorium berguna untuk menghindari shock yang bisa berakibat fatal. Pada stadium berat misalnya kondisi penderita sakit demam berdarah lemas sejak awal maka bila tidak segera diberi cairan di awal bisa berakibat buruk pada pasien penyakit demam berdarah dengue.

Gejala Demam Berdarah

Gejala demam berdarah pada penderita DBD selalu ditandai dengan demam tinggi mendadak. Biasanya disertai dengan sakit kepala luar biasa dan kadang disertai juga dengan pegal dan linu yang hebat sekali serta keluhan di area mata. Dalam penanganan awal sakit demam berdarah, pasien penyakit demam berdarah dengue di rumah cukup diberi obat sesuai dengan keluhan misalnya parasetamol. Pencegahan penyakit demam berdarah dengan banyaklah minum dan harus bisa buang air kecil sesering mungkin sampai warna urin semakin putih. Itu pertanda ciran dalam tubuh masih cukup aman. Jika dalam tiga hari kondisinya tidak kunjung membaik, pasien harus segera dibawa ke dokter.

Pada penderita sakit demam berdarah DBD terjadi kebocoran cairan dari pembuluh darah. Kondisi pasien penyakit demam berdarah dengue sudah sangat drop ketika mengalami shock dengan pertanda tensi meningkat, kesadaran melemah (ingin banyak tidur), keringat dingin, jari-jari dingin dan sulit buang air kecil. Tapi kondisi ini bisa diantisipasi jika dipantau lebih dini apakah penyakit  yang dideritanya berpotensi lebih berat atau tidak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *