Penyakit Alzheimer : Kenali Tandanya

Penyakit Alzheimer merupakan sejenis penyakit yang tidak bisa menular. Penyakit ini terjadi karena adanya suatu sindrom yang cukup aneh. Penyakit ini juga mengakibatkan otak akan tampak mengerut serta mengecil. Penyakit alzheimer ini sering terjadi pada seseorang yang sudah lanjut usia, jika Anda mempunyai keluarga yang sudah berusia lebih dari 60 tahun ke atas sebaiknya harus menjaga betul kesehatannya, karena 5 % orang yang mencapai usia tersebut akan jauh lebih besar mengalami maupun menderita Penyakit alzheimer ini.

Di Amerika di perkirakan orang yang berusia lanjut dan mengidap penyakit ini mencapai kurang lebih empat juta jiwa dan angka tersebut akan diperkirakan mengalami kenaikan. Biasanya penyakit ini dimulai dengan seringnya seseorang mengalami kelupaan. Jadi jika Anda seseorang yang sering sekali lupa dalam hal apapun sebaiknya Anda perlu mewaspadainya.

Penyakit alzheimer merupakan salah satu penyakit neurologis yang sangat mengganggu. Kelupakan yang di timbulkan dari penyakit ini bisa mengacaukan beberapa aktifitas Anda, orang dengan penyakit ini akan sangat kesulitan untuk mengingat-ingat kejadian maupun aktifitas terakhir yang mereka lakukan. Bahkan bisa saja orang yang mengidap penyakit ini akan lupa dengan alamat rumah bahkan jalan pulang ke rumahnya sendiri, jadi bagi Anda yang mempunyai saudara yang mengidap penyakit tersebut sebaiknya Anda selalu mengawasinya atau bahkan Anda memerlukan bantuan seorang suster yang selalu menjaganya

Penyakit ini juga membuat orang lupa akan segala hal yang menjadi aktifitas keseringan mereka, misalkan dalam hal mandi, menyisir rambut bahkan terkadang sampai ada yang lupa memakai baju. Jadi jika suatu saat Anda melihat kejadian yang aneh pada nenek maupun kakek-kakek yang Anda temui di jalan jangan kaget, bisa saja nenek maupun kekek tersebut menderita Penyakit alzheimer ini.

Yang perlu Anda waspadai adalah orang yang menderita penyakit ini biasanya akan selalu merasa cemas dan juga gelisah, selain itu hal yang dulu mereka bisa lakukan seperti baca tulis, untuk sekarang ini mereka akan mengalami kesulitan. Beberapa tanda seseorang mengidap Penyakit alzheimer akan sedikit saya bahas disini.

Tanda Penyakit alzheimer :

Pertama lupa. Orang dengan penyakit ini akan lebih sering mengalami masalah kelupaan, bahkah hal yang baru saja mereka lakukan tidak bisa mereka ingat. Tanda yang kedua adalah kebingungan. Bingung dalam hal ini bisa saja karena orang dengan penyakit ini akan merasa kebingungan dalam hal apapun, mereka yang sering lupa akan hal-hal yang terjadi. Terlebih lagi jika mereka berada di luar rumah, bisa saja mereka akan merasa kebingungan untuk mencari jalan pulang menuju rumahnya. Rasa bingung tersebut sangat sering membuat kepala penderita penyakit ini pusing.

Selain hal tersebut, tanda dari penyakit ini yang lain adalah sulitnya mereka untuk melakukan aktivitas kesehariannya, misalkan mereka akan menjadi kesulitan dalam menyelesaikan segala macam tugas. Tak hanya itu tanda lain yang bisa Anda waspadai adalah menurunnya kualitas memori, hal inilah yang menjadi pemicu masalah terbesar yang ada. Lupa adalah faktor pertama yang memicu timbulnya berbagai masalah pada penderita penyakit alzheimer.

Advertisement

Penyakit ini akan menjadi lebih parah dengan timbulnya ketidak mampuan untuk mengenali saudara dan bahkan anak mereka sendiri. Selain itu dalam hal komunikasi penderita akan mengalami masalah yang cukup berarti hal ini bisa memicu timbulnya rasa kurang percaya diri bagi penderitanya. Hal yang paling perlu diwaspadai ketika penderita Penyakit alzheimer mengalami kejang serta kesulitan menelan dan beberapa infeksi kulit. Sebagai saran bagi Anda, jika Anda mempunyai keluarga yang menderita penyakit ini, alangkah baiknya jika mengambil seorang pengasuh maupun perawat untuk menjaganya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *