Pengertian LVH pada EKG

Pengertian LVH pada EKG : Untuk mengetahui cara membaca EKG, perlu diketahui dahulu bagaimana grafik EKG itu terbentuk. Setidaknya, ilmu yang sangat dasar dari EKG perlu diketahui. Beberapa catatan yang paling dasar yang mesti dipahami dahulu sebelum membaca EKG yaitu:

-Grafik EKG dibentuk oleh gelombang listrik yang mengalir melalui serabut syaraf khusus yang ada pada jantung.
-Listrik tersebut dibentuk oleh Nodus Sinuatria sebagai sumber primer dan nodus atrioventrikular sebagai cadangan listrik sekunder. tetapi listrik jantung ini dapat pula dibentuk oleh bagian lain dari jantung.
-Gelombang P dibentuk oleh aliran listrik yang berasal dari nodus SA di atrium sedangkan kompleks QRS terbentuk oleh aliran listrik di ventrikel. sedangkan PR interval terbentuk ketika aliran listrik tersebut melewati bundle His. gelombang T terbentuk ketika terjadi repolarisasi jantung.
-Arah aliran listrik ini mengarah ke apex jantung dan sejajar sumbu jantung (lihat gambar dibawah).
-Setiap lead memandang aliran listrik jantung dari sudut pandang yang berbeda. Maka untuk mengatahui letak kelainan, perlu diperhatikan lead mana yang mengalami kelainan dan dari sudut pandang mana lead tersebut melihat jantung. lead dada melihat jantung dari sudut pandang horizontal, hal ini bisa dilihat dari tabel di bawah ini:

Sadapan Dada
Sudut Pandang
V1, V2
V3,V4
V5,V6
Lateral Kanan Jantung
Septum
Lateral Kiri Jantung

Lead ekstremitas melihat jantung secara vertikal. Hal ini bisa dijelaskan sebagai berikut:

ekg1Sebagai contoh: lead II melihat/mengintip jantung dari sudut pandang apex jantung.
Setiap aliran listrik tersebut menuju ke arah sudut pandang tempat melihat EKG, maka pada lead tersebut harus positif. Sebagai contoh adalah lead II yang melihat jantung dari sudut pandang di  sekitar apex. Maka normalnya lead ini harus positif. Karena otot jantung kiri lebih besar dari otot jantung kanan, maka yang terekam dominan pada EKG adalah bagian jantung kiri.

Bagaimana mendiagnosis Left Ventricular Hypertrophy (LVH) pada EKG?

ekg11Tanpa tahu mengenai riwayat penyakit pasien ini sebelumnya, kita bisa menduga bahwa pasien ini merupakan penderita Hypertensive Heart Disease .

Dari gambaran EKG ini, tampak tanda pembesaran Ventrikel Kiri ( Left Ventricular Hypertrophy/LVH).

Advertisement

Terdapat beberapa kriteria yang dapat kita gunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya LVH, salah satu kriteria yang paling sering digunakan adalah kriteria Sokolow-Lyon ;  Tinggi Gelombang S di V1 + Dalamnya gelombang R di V5/V6 ≥ 3.5 mV (7 kotak sedang)

ekg12

Bagaimana mengetahui bahwa pasien ini penderita hipertensi lama?

Terdapat suatu kriteria yang dikenal sebagai Ventricular Strain Pattern; Perubahan Segmen St- Gelombang T dengan repolarisasi abnormal sekunder akibat dari peregangan (strain) dari dinding ventrikel. Dst juga sebagai “Strain”.

Terdapat dua jenis Ventricular Strain Pattern:

1. Left Ventricular Strain (LV Strain)

LVH sering berhubungan dengan depresi segmen ST dan Inversi dalam dari gelombang T. Perubahan ini tampak di sadapan prekordial (dada), V5 dan V6. Pada sadapan ekstremitas (Limb lead) terdapat pula perubahan ST-T berlawanan dengan defleksi dominan dari gelombang QRS. Jika axis ekg adalah vertikal maka akan tampak perubahan disadapan II,II,aVF. Jika Horizontal maka akan tampak perubahan di sadapan I dan aVl.

ekg13

2. Right Ventricular Strain (RV STrain)

Seperti halnya LVH, pada pembesaran jantung kanan (Right Ventricular Hypertrophy/RVH) akan tampak depresi segmen ST dan Inversi  gelombang T pada sadapan V1-V3 dan pada sadapan ekstremitas II,II,aVF.

Berikut beberapa kriteria yang dapat digunakan untuk menentukan ada tidak LVH.

ekg14ekg16

source : cardiologyupdateunand.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *