Pelatihan Dasar Perawat Bedah

Pelatihan dasar perawat bedah – IPTEK kedokteran berkembang dengan cukup cepat, terlebih dalam bidang bedah dalam upaya pengadaan pelayanan dengan kualitas tinggi. Kondisi ini tentu saja memaksa perawat bedah untuk selalu mengupgrade ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam bidang yang digeluti sehari-hari. Hal ini berlaku pula halnya dengan tenaga professional, mereka harus terdidik, terlatih dalam sistem yang tertata baik, terakreditasi dan memenuhi standar kompetensi keperawatan sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Himpunan Perawat Kamar Bedah Indonesia merupakan salah satu organisasi profesi yang selalu memberikan pelatihan sekaligus melakukan uji kompetensi bagi perawat kamar bedah. Pada usianya yang telah mencapai satu dasawarsa HIPKABI sudah mengadakan beragam pelatihan untuk perawat kamar bedah. Salah satu kegiatan pelatihan tersebut adalah Pelatihan dasar perawat bedah. Tujuannya adalah untuk meningkatkan wawasan, kemampuan serta kesiapan dalam memasuki pasar bebeas ASEAN, khususnya perawat yang terlibat langsung terhadap pelayanan di kamar bedah.

Pelatihan dasar perawat bedah HIPKABI

HIPKABI mengundang seluruh sejawat di seluruh Indonesia untuk  turut berperan aktif dalam Pelatihan keterampilan dasar bagi perawat kamar bedah, sehingga melalui kegiatan pelatihan ini dapat bertukar pikiran serta pengalaman yang dapat meningkatkan kualitas sekaligus peluang bagi perawat , seiring perubahan paradigm rumah sakit dan tuntutan masyarakat luas dewasa ini.

Dalam Pelatihan dasar perawat bedah yang diadakan oleh HIPKABI ini akan membahas beragam materi meliputi :
1.    Konsep Keperawatan Profesional Bagi PerawatKamar bedah.
2.    Sejarah kamar bedah
3.    Konsep dan teori Caring
4.    Etika Kerja aspek legal di kamar bedah
5.    Job Description Perawat kamar bedah
6.    Konsep dasar kamar bedah
7.    Teknik A dan antiseptic di kamar bedah
8.    Perioperatif care di kamar beedah
9.    Prinsip pencegahan infeksi di kamar bedah
10.    Insisi area operasi
11.    Sterilisasi
12.    Pengiriman dan pemeriksaan jaringan
13.    SMK6 di kamar bedah
14.    Masker, topi dan pakaian dasar kamar bedah dn prinsip teknik steril
15.    Teknik cuci tangan bedah
16.    Teknk memakai sarung tangan
17.    Teknik memakai jas operasi
18.    Teknik penutupan luka operasi
19.    Permasalahan patient safety di kamar bedah
20.    Posisi pasien di meja operasi
21.    Pencukuran daerah operasi
22.    Teknik aseptic area operasi

Prioritas dalam pelatihan perawat bedah ini adalah perawat yang telah bekerja dikamar bedah minimal 3 tahun. Informasi lengkap mengenai kegiatan Pelatihan dasar perawat bedah ini dapat diperoleh di sekertariat PD HIPKABI Yogyakarta RSUP Dr Sardjito Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *