Obat Sakit Gigi Berlubang dan Ngilu Ini Resepnya

askep.id : Obat sakit gigi berlubang dan ngilu – Sakit gigi merupakan pengalaman yang paling tidak mengenakan. Selain membuat kepala terasa nyeri dan mudah emosi, sakit gigi juga ternyata bisa menjadi gejala penyakit jantung. Saat kita mengalami sakit gigi segala cara instan biasanya akan kita lakukan untuk sekedar menghilangkan rasa nyeri karena sakit gigi tersebut.

Penyebab sakit gigi sendiri sangat beragam tetapi pada umumnya disebabkan karena ada ketidak beresan pada  gigi, seperti rongga gigi, gigi retak, suatu akar gigi terekspos, atau penyakit gusi. Gigi yang sakit biasanya banyak disebabkan karena gigi berlubang dan gilu.

Perawatan gigi yang kurang baik dan mengkonsumsi makanan manis sering menjadi pemicu timbulnya gigi berlubang dan ngilu.

Obat sakit gigi berlubang dan ngilu

Resep obat sakit gigi berlubang dan ngilu

Banyak cara untuk mengatasi sakit gigi akibat gigi berlubang dan ngilu. Kita bisa mendapatkan obat sakit gigi berlubang di apotik. Selain obat gigi di apotik ada beberapa obat tradisional gigi ngilu yang sering digunakan.

Berikut ini beberapa cara mengatasi sakit gigi berlubang dan ngilu sebagai pertolongan pertama yang dirangkum dari berbagai sumber. Beberapa tips di bawah ini sering digunakan karena memang dianggap sebagai cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat .

Pastikan semua bahan dan alat yang digunakan dalam keadaan bersih, jangan lupa untuk mencuci bahan dan alat sebelum digunakan dengan air bersih dan juga cuci tangan pakai sabun.

Advertisement

1. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh
Minyak cengkeh sangat sering digunakan sebagai obat sakit gigi berlubang karena dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada gigi apalagi miyak cengkeh untuk obat gigi ngilu dan gusi bengkak ini mudah didapat. Saat mengalami sakit gigi, cengkeh bisa dipakai untuk penanganan pertama.

Bahan aktif eugenol yang terdapat pada minyak cengkeh memiliki fungsi sebagai pereda nyeri alami. Minyak cengkeh sebagai pengobatan gigi berlubang ini bisa digunakan sebagai pertolongan pertama sampai mendapatkan perawatan gigi secara medis. Bagaimana minyak cengkeh untuk pengobatan gigi adalah dengan  menuangkan sedikit minyak cengkeh ke cottom bud atau gulungan kapas kecil kemudian usapkan pada gigi yang sakit.

Selain memakai minyak cengkeh kita bisa memanfaatkan daun cengkeh untuk obat sakit gigi juga. Obat sakit gigi berlubang dan ngilu dengan menggunakan daun cengkeh adalah dengan menyeduhnya. Seduhlah 7 lembar daun cengkeh dengan setengah gelas air mendidih. lalu peras daun yang sudah mendidih tadi hingga keluar airnya. Air perasan daun cengkeh ini digunakan untuk dioleskan pada gigi yang sakit. Lalukan secara berulang hingga sakit gigi reda.

2. Kompres menggunakan es batu

Kompres menggunakan es batu
Sakit gigi berlubang di ngilu kadang sampai membuat gusi menjadi bengkak dan rasa tidak nyaman di rongga mulut. Untuk mengatasi masalah sakit gigi dan ngilu ini bisa dengan memanfaatkan es batu. Es batu dapat membantu mengatasi rasa ngilu saat sakit gigi dan cukup efektif untuk mengurangi rasa sakit karena gigi yang bermasalah.

Efek dingin dari es batu dapat mengganggu sinyal syaraf yang menimbulkan rasa sakit sehingga rasa sakit akibat gigi berlubang akan berangsur angsur hilang Cara memanfaatkan es batu sebagai obat sakit gigi berlubang adalah balut beberapa potong es batu dengan kain bersih atau handuk dan kompreslah pada bagian luar gigi yang sakit. Lakukan cara ini dengan sedikit memberi tekanan agar sensasi dingin dapat segera terasa. Cara lainnya adalah menggosokan es batu pada sela jari antara jari telunjuk dan ibu jari pada tangan yang satu sisi dengan sisi gigi yang sakit selama sepuluh menit sampi nyeri gigi berangsur angsur hilang.

3. Bawang putih

Bawang putih
Ramuan bawang putih sebagai obat sakit gigi dan ngilu memang sudah lama diyakini oleh banyak orang terutama karena mengandung asam amino aliin dan mengatasi inflamasi. Asam amino aliin pada bawang putih ini akan berubah menjadi zat alisin ketika bawang putih dihaluskan atau dipotong. Zat alisin inilah yang berfungsi sebagai antibakteri. Obat gigi ngilu dan nyeri dengan menggunakan bawang putih adalah dengan menghaluskan atau menumbuk bawang putih sampai halus dan menempelkan selama kurang lebih 10-20 menit pada gigi yang sakit. Cara lainnya adalah dengan memberi campuran garam halus pada tumbukkan bawang putih tersebut. Agar penempelan bawang putih ini efektig pada gigi yang sakit bungkuslah lebih dahulu bawang putih yang sudah dihaluskan dengan kain tipis sebelum diletakkan pada gigi yang sakit. Manfaat bawang putih pada gigi yang sakit adalah mampu meningkatkan sirkulasi dan melawan infeksi secara alami.

4. Kumur air garam

Kumur air garam
Memanfaatkan garam sebagai obat sakit gigi dan ngilu ternyata menjadi obat gigi berlubang paling ampuh. Garam mengandung Natrium dan klorida diperlukan tubuh untuk menyerap nutrisi, menjaga sistem saraf dan otot. Selain itu Sodium yang terkandung dalam garam sangat penting untuk menjaga tekanan darah dan fungsi otot. Garam juga memiliki kandungan antiseptik alami untuk membantu menyembuhkan luka. Obat sakit gigi berlubang dan ngilu dengan garam adalah dengan berkumur larutan garam. Pilihlah garam yang memiliki kadnungan yodium tinggi. Usahakan jangan memakai garam meja karena pada umumnya kandungan mineral garam meja lebih rendah. Larutkan kurang lebih dua sendok garam dan campurksn dengan air hangat satu gelas. Pakailah campuran larutan garam tersebut untuk berkumur selama beberapa menit dan tidak untuk ditelan. Lakukan cara ini berulang sampai sampai nyeri gigi berlubang hilang.

5. Belimbing wuluh

belimbing wuluhBelimbing wuluh
Dari rasanya yang super masam, belimbing wuluh memiliki khasiat yang menyembuhkan karena mengandung glukosid, tanin, asam format, peroksida, saponin, kalsium oksalat, sulfur, dan kalium sitrat. Belimbing wuluh juga bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi berlubang karena mengandung antibakteri dan dapat mengurangi sakit akibat gigi berlubang. Cara memanfaatkan belimbing wuluh untuk mengobati sakit gigi berlubang dan ngilu adalah dengan menghaluskan belimbing wuluh dan menempelkan pada gigi yang sakit. Setelah 10 menit berkumurlah dengan air hangat.

6. Jeruk nipis

gambar jeruknipisJeruk nipis
Jeruk nipis dipercaya memgandung antibiotic yang mampu meredaka sakit gigi berlubang. Obat sakit gigi berlubang dan ngilu dengan memanfaatkan jeruk nipis adalah dengan cara membelah jeruk nipis tersebut menjadi dua lalu peraslah dan ambil airya perasan tadi kemudian oleskan pada area gigi yang sakit, Tunggu kurang lebih 15 menit lalu ulangi kembali sampai air perasan jeruk nipis tersebut habis lalu kumur dengan air hangat.

7. Biji asam jawa

gambar asam jawaBiji asam jawa
Asam jawa sudah dikenal sebagai bumbu dapur oleh para ibu rumah tangga untuk menambah sedap masakan. Bagi yang memiliki keluhan sakit gigi berlubang maka asam jawa bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit gigi. Cara mengatasi sakit gigi berlubang dengan biji asam jawa cukup mudah. Yang akan dimanfaatkan adalah bijiya maka sangrai (goreng tanpa minyak) biji asam jawa secukupnya saja. Lalu tumbuk hingga halus dan beri sedikit air hingga berbentuk pasta. Oleskan pasta tersebut pada bagian gigi yang sakit.   Kumurlah dengan air hangat setelah didiamkan 15 menit.

8. Biji alpukat

gambar alpukatBiji alpukat
Biji alpukat dikenal juga sebagai obat untuk mengobati gigi berlubag. Obat sakit gigi berlubang dan ngilu dengan memakai biji alpokat pengolahannya sama seperti dengan biji asam jawa. Biji alpukat sangat dipercaya berkhasiat untuk meredakan gigi ngilu karena gigi berlubang. Cara menyembuhkan sakit gigi berlubang dengan biji alpukat adalah dengan menyangrai biji alpukat. Setelah itu tumbuklah biji tersebut hingga halus dan campur sedikit air. Oleskan pada gigi berlubang atau gigi gilu selama 15 menit dan kumur dengan air hangat.

9. Daun jambu biji

gambar jambu bijiDaun jambu biji
Daun jambu biji ternyata juga bisa untuk mengatasi sakit pada sakit gigi berlubang. Obat sakit gigi berlubang dan ngilu dengan daun jambu biji adalah siapkan 9 lembar daun jambu biji muda lalu cuci hingga bersih dan tumbuklah. Gunakan tumbukan daun jambu biji  tersebut untuk mengobati gigi yang sakit dengan cara menempelkannya. Diamkan beberapa saat lalu kumurlah dengan air hangat. Resep obat sakit gigi dengan daun jambu biji ini memang salah satu cara alternatif atasi sakit gigi.

10. Serai

gambar tanaman seraiSerai
Daun serai memiliki aroma yang cukup khas dan biasanya dimanfaatkan untuk campuran masakan berkuah. Daun serai dikenal juga memiliki manfaat untuk mengobati sakit gigi berlubang. Obat sakit gigi berlubang dan ngilu dengan memanfaatkan serai adalah dengan merebus 40 gram daun serai dengan 2 gelas air mendidih. Biarkan air rebusan hingga tinggal 1 gelas dan pakailah air rebusan daun serai tersebut untuk berkumur.

Walaupun Obat Sakit Gigi Berlubang dan Ngilu dengan beberapa cara di atas bisa meredakan nyeri sakit gigi pada beberapa orang tetapi sebaiknya saat mengalami nyeri gigi apalagi gigi berlubang besar segera periksakan ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan medis. Untuk menghindari sakit gigi berlubang ada baiknya untuk menghindari konsumsi makanan yang terlalu panas, manis dan dingin. Bakteri menjadi penyebab terjadinya sakit maka rajin-rajinlah untuk membersihkan gigi dan mulut terutama setalah selesai makan. Gunakan pasta gigi untuk gigi ngilu bila memang gigi sensitif.