Obat Nyeri Pinggang Belakang

Apakah anda pernah mencari sebuah obat nyeri pinggang belakang yang manjur karena anda sering merasakan nyeri yang tidak tertahankan? Atau justru anda sedang berusaha mencegah agar di kelak kemudian hari anda tak perlu obat nyeri pinggang belakang?

Sebelum membahas obat nyeri pinggang belakang apa saja yang bisa Anda jadikan solusi, ada baiknya kita sama-sama mengetahui terlebih dahulu, kenapa nyeri pinggang bisa timbul.

Penyebab Nyeri Pinggang

Meskipun secara umum keluhan nyeri pinggang belakang sering muncul setelah melakukan pekerjaan berat, namun sebenarnya ada beberapa hal penting yang lupa kita perhatikan, yaitu

1. Kesalahan sikap badan saat anda membungkuk dan mengangkat beban berat, perlu anda tahu, bahwa berat maksimal yang boleh diangkat seorang diri menurut standar ergonomi adalah 20 Kilo gram, dan jika lebih dari itu, anda harus mengangkatnya dengan lebih dari satu orang ataupun menggunakan alat bantu, seperti handlift ataupun forklift.

Saat akan mengangkat sebuah barang, cobalah geserkan dahulu barang tersebut dengan kaki anda, jika tidak bergeser, sebaiknya mintalah bantuan orang lain untuk mengangkat berdua atau lebih.

teknik mengangkat barangSaat mengangkat beban, kita biasanya langsung angkat dengan posisi kita masih membungkuk, nah itu tidak boleh. Seharusnya kita menurunkan badan sampai pada posisi jongkok terlebih dahulu sebelum pada akhirnya mengangkat beban.

2. Adanya gangguan mekanis pada struktur tulang dan kesatuan fungsi tulang pinggang belakang. Sehingga menimbulkan nyeri yang pada akhirnya membuat anda membutuhkan obat nyeri pinggang belakang.

Advertisement

Contohnya adalah radang sendi, benjolan ataupun robek apda tulang belakang yang bisa diakibatkan oleh banyak hal, diantaranya adalah cedera ataupun kecelakaan.

3. Tidur dengan alas yang lentur sehingga dapat membuat tulang pinggang belakang anda mengikuti lenturan alas yang anda tiduri.

4. Pemakaian sepatu dengan tumit yang terlalu tinggi, karena dalam keadaan normal, tulang belakang daerah pinggang anda mempunyai lengkungan ke depan. Bila lengkungan tersebut berlebihan, maka bersiap-siaplah anda mencari obat nyeri pinggang belakang.

5. Kurang olah raga, wow, sederhana sekali kan ? Namun ternyata memang benar bahwa olah raga amatlah penting untuk tubuh kita.

Tanpa kita sadari, tidak melakukan olah raga akan menurunkan tingakt kelenturan sendi – sendi kita yang lama kelamaan akan menyebabkan jaringan ikut menurun sehingga otot mudah cedera karena gerakan sederhana seperti mengangkat atau mendorong.

6. Gangguan pada ginjal, wah, ternyata ngeri sekali ya, ada juga penyakit yang dapat menyebabkan pinggang belakang menjadi nyeri.

Hal ini terjadi selain karena posisi ginjal memang dekat dengan pinggang belakang, namun juga terjadi karena ada objek asing dalam kandungan kemih.

7. Osteoporosis, penyakit keropos tulang yang biasanya diderita oleh kaum lanjut usia ini dikarenakan oleh kepadatan tulang belakang yang sudah berkurang.

Mencari Obat Nyeri Pinggang Belakang

Setelah mengetahui berbagai kemungkinan penyebab nyeri pinggan belakang, ada baiknya anda juga mengetahui apa saja obat nyeri pinggang belakang yang bisa anda pakai ataupun lakukan.

Kenapa dilakukan? Yah, karena mengobati nyeri pinggang belakang yang amat sangat erat berkaitan dengan tulang dan sendi tidak akan bisa dilakukan hanya dengan sebuah obat yang menyembuhkan dari dalam, anda juga tetap harus melakukan ataupun menghindari aktifitas – aktifitas yang sangat berpengaruh dengan tulang pinggan belakang anda.

Apa sajakah aktifitas ataupun obat – obatan yang dimaksud itu ?

1. Aktif
Yup, benar sekali, untuk mengurangi potensi terkena sakit pinggang belakang adalah dengan terus aktif beraktifitas, dalam artian, tidak malas – malasan dengan hanya diam di tempat seharian.

peregangan di kantorHal diatas itu termasuk bagi anda para pekerja yang terlalu lama duduk dan menghadap komputer saat bekerja. Biasakanlah beraktifitas setiap minimalnya tiga puluh menit sekali, walaupun itu sekedar berjalan ke bangku teman anda.

Jika anda adalah ibu rumah tangga, banyak – banyaklah bergerak aktif dan jangan hanya tidur di kamar dan mengandalkan pembantu.

Sesekali, ikutlah beraktiftas, walaupun kecil, hal ini berguna sekali untuk kebaikan pinggang anda sehingga anda tidak perlu repot – repot mencari obat nyeri pinggang belakang di kelak kemudian hari.

2. Peregangan
Nah, ini dia, aktifitas simpel yang akan membantu meringankan bahkan mencegah nyeri pinggang belakang anda.

peregangan ototBiasakanlah lakukan peregangan setiap pagi menjelang aktifitas, akan lebih baik lagi jika dilanjut dengan olahraga kecil seperti senam ataupun jogging.

3. Perbanyak Olah Raga
Jangan buang – buang waktu anda di akhir pekan dengan bermalas – malasan ria, gerakanlah badan anda, berolahraga lah sebelum olah raga anda berubah menjadi olah raga pencarian obat nyeri pinggang belakang.

4. Membetulkan Posisi Tidur
Seperti yang bisa kita pelajari dari banyak kasus, tidur terlentang dapat menyebabkan banyak hal, selain gejala umum yang mengganggu orang lain seperti mendengkur alias ngorok, sampai gejala yang dapat mengganggu kesehatan pribadi seperti timbulnya nyeri pada pinggang belakang yang diakibatkan bertumpunya beban seluruh tubuh pada tulang belakang dan pinggang belakang.

posisi tidur yang baikMaka sudah sebaiknya kita menghindari tidur dengan posisi terlentang, usahakanlah tidur dengan posisi miring menghadap ke kanan.

Selain baik untuk tulang, tidur dengan posisi badan miring ke kanan juga dapat membantu kinerja jantung menjadi lebih baik. Baiknnya pilih alas tidur yang tidak terlalu empuk ataupun terlalu keras.

Jadi, dengan membetulkan posisi tidur, kita dapat mengurangi potensi kita akan mencari obat nyeri pinggang belakang di kelak kemudian hari.

5. Terapi Panas Dingin
Berendam di air hangat saat merasakan sakit pada pinggang belakang juga bisa dilakukan oleh penderita sakit pinggang belakang, hal ini dikarenakan air hangat dapat meringankan luka pada tulang.

Jika anda kesulitan menemukan pemandian air hangat, maka anda dapat melakukan kompres air dingin dengan cara meletakan air dingin kedalam botol lalu diletakan di pinggang belakang yang sakit.

Terapi tersebut bisa jadi merupakan salah satu obat nyeri pinggang belakang paling simpel yang bisa kita gunakan unuk meredakan ataupun mengurangi sakit pinggang belakang sementara mencari obat nyeri pinggang belakang lainnya.

6. Perbaiki pola makan dan diet
Pola makan tentu akan sangat berpengaruh pada banyak hal, bahkan pada nyeri pinggang belakang. Asupan nutrisi untuk penguatan tulang sangat penting untuk mencegah terjadinya sakit pinggang belakang, terutama perbanyaklah makanan yang mengandung kalsium untuk mencegah keropos tulang di masa senja.

Selain itu, diet juga penting untuk mengurangi sakit pinggang belakang, malahan, diet merupakan obat nyeri pinggang belakang pertama yang wajib dikonsumsi, karena dengan berkurangnya berat badan maka akan berkurang pula beban pada tulang pinggang kita.

Namun, hati – hati juga, karena diet berlebihan juga akan berdampak pada kesehatan, sehingga bijak – bijaklah memilih makanan dan bijak – bijaklah juga dalam menentukan program diet anda.

7. Relaksasi
Hal penting yang sangat jarang terlintas di benak kita semua adalah relaksasi, menikmati waktu senggang dengan sedikit relaksasi akan membuat kita terbebas dari stress, jangan salah loh, tulang juga bisa terpegaruh saat kondisi kita sedang stress.

relaksasiJadi, relaksasi lah, Tuan dan Nyonya, Hidup tak selalu harus kencang terus berlari kan? Ambil waktu anda sejenak untuk merawat tulang anda sehingga kelak anda tidak butuh obat nyeri pinggang belakang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *