Obat Asma dan Cara Mencegah Asma

Kita tentu sudah mengetahui bahwa beberapa orang menderita asma seperti asma bronkial. Lalu apa sebenarnya asma itu ? Asma merupakan kondisi keadaan saat seseorang sulit bernafas dikarenakan adanya gangguan saluran nafas utama atau bronkus pada paru paru yang beraksi terhadap alergen. Alergen merupakan zat-zat yang bisa menimbulkan alergi. Adapun alergen sendiri bisa beruap udara dingin, asap, kelelahan fisik, stress atau bebauan yang merangsang.

Bagi orang yang memiliki asma olahragapun bisa menjadi penyebab timbulnya asma. Akibatya bronkus yang berbentuk seperti pipa kecil mengerut, kemudian dindingnya membengkak dan mengeluarkan cairan berlendir mengakibatkan rongga saluran yang fungsinya sebagai jalan udara menjadi sempit.

Tanda dan gejala asma

Tanda dan gejala asma akan timbul pada seseorang yang memiliki asma adalah adalah pilek, bersin bersin atau batuk yang berulang ulang dan kemudian meningkat menjadi kesulitan bernafas. Keadaan ini bisa berlangsung hanya beberapa menit saja atau bisa juga berlangsung selama beberapa hari.

Munculnya tanda dan gejala asma kerap terjadi sejak masih anak-anak dimana kepekaan terhadap alergen besar. Kalau bisa dikatakan 50 persen penyakit alergi pernafasan ini disebabkan oleh keturunan sedangkan sisanya karea faktor lingkungan. Tetapi biasanya gejala asam pada anak-anak akan hilang dengan sendirinya saat anak-anak beranjak semakin dewasa walapun pada beberapa kasus bisa timbul lagi asma yang lebih berat dikemudian hari.

Bagi penderita asma sebenarnya peyakit asma ini merupakan penyakit yang dapat diatasi. Sedangkan sebagai tindakan pencegahan perlu diketahui apa yang menjadii pemicu asma dan cobalah untuk menghindarinya. Biasanya debu menjadi faktor pemicu utama pada penderita asma sehingga sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan. Selalu menggunakan masker bila membersihkan rumah dari debu. Selain faktor lingkungan stress dan kelelahan juga menjadi pencetus utama asma.

Cara mengatasi Asma

Cara mengatasi asma yang paling mudah adalah sebisa mungkin untuk menghindari faktor pencetusnya seperti debu misalnya. Debu sering terdapat pada buku buku yang lama tidak dipakai, sofa, kasur dan barang-barang lain disekitar kita.

Ramuan tradisional untuk mngobati asma adalah minum ramuan buah tempayang. Caranyanya adalah dengan menyediakan 2 buah tempayang dan seduhlah dengan air panas. Minumlah air seduhan tersebut sampai habis.

Advertisement

Ramuan tradisional untuk mngobati asma adahah minum ramuan buah rebusan daun patikan kebo. Cara membuatnya ambil segenggam daun patikan kebo dicuci bersih lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tinggal setengah gelas saja. Saring air rebusan tersebut dan minum 1 sendok makan 3x sehari.

Ramuan tradisional untuk mengobati asma adalah minum ramuan bawang putih. Cara membuatnya adalah siapkan 10 siung bawang putih kupas sampai bersih dan rebus dengan 2 gelas air sampai air rebusan tinggal setengah. Saring air rebusan tersebut minum ramuan ini setengah gelas 3x sehari dapat dicampur dengan madu atau gula batu.

Obat asma di apotik

Selain mengkonsumsi obat tradisional untuk mengatasi asma ada juga obat asma yang dijual bebas di apotik. Pastikan untuk membeli obat asma di apotik agar mendapatkan penjelasan langsung dari apoteker tentang penggunaannya. Obat asma ini biasanya mengandung efedrin dengan maksimal dosis 15 mg.

Bila penderita sakit asma memeriksakan ke dokter kemungkinan dokter akan memberikan resep obat untuk melebarkan saluran pernafasan dan untuk mengurangi reaksi radang dan juga menghentikan reaksi alergi.

Pada kasus- kasus tertentu obat yang digunakan beta 2-agonist dan teofilin/aminofilin atau kertikosteroid. Untuk mengatasi gejala asma yang parah biasanya digunakan obat leukotriene bloker. Sedangkan untuk pencegahan asma kadang kadang akan diberikan kromolin.

Alat uap asma

Ada beragam alat uap asma salah satu alat uap asma yang dijual bebas adalah merk Omron. Alat uap asma Omron dikembangkan untuk inhalasi pengelolaan dan therapy yang sangat efisien yang mampu membantu pada penyakit asma, batuk berdahak, bronkitis kronis, alergi dan berbagai penyakit ganguan pernafasan lainnya dan telah digunakan di berbagai rumah sakit terkemuka di dunia.

Obat semprot asma

Obat semprot asma atau inhaler pada asma, biasanya didalamnya terkandung pelega napas dari golongan bronkodilator dimana fungsinya adalah sebagai reliever atau pelega saat terjadi serangan asma. Selain itu Obat semprot asma atau inhaler pada asma juga ada yang terkandung steroid. yang fungsinya digunakan sebagai pencegah kambuhnya serangan. Obat semprot asama biasanya digunakan oleh penderita asma dewasa. Berbeda dengan nebulizer obat semprot asma ini harus dimasukkan dalam mulut dengan bantuan alat untuk dihirup.