Neuromuscular Taping Penting Untuk Fisioterapis

Neuromuscular Taping (NMT) – Perubahan gaya hidup, baik karena akanan,pola makan dan aktivitas menjadi salah satu sebab semakin bervariasinya kasus yang muncul. Berbagai keluhan muncul menuntut untuk mencari solusi terbaik, demikian pulan tuntutan untuk tetap fit menjaga kebugarannya.

Penanganan yang tepat untuk mngatasi semua hal ini mutlak dikuasai. Tidak terkecuali fisioterapis sebagai salah satu tim dalam menangani gangguan-gangguan pada kasus khusus maupun kasus komunitas.

neuromuscular taping (NMT)

Upaya update keilmuan, evaluasi reevaluasi selalu dikembangkan dalam rangka memberikan mutu pelayanan kesehatan terbaik pada pasien/klien/masyarakat.

Mutu pelayanan kesehatan berhubungan dengan intervensi yang diberikan. Berbagai bentuk intervensi bisa diberikan kepada pasien, tetapi memberikan intervensi terbaik, tepat, efisien adalah tuntutan. Problematika kesehatan yang berkembang di masyarakat perlu dikaji untuk berfikir bagaimana memberikan intervensi yang efektive dan efisien bagi pasien.

Problem kesehatan yang berhubungna dengan system di dalam tubuh; system saraf, muscular, vascular yang akan berhubungan dengan system diseluruh tubuh. Problematika kesehatn bisa diakibatkan oleh problem tendon, ligamentum, otot (inflamasi, nyeri, rigiditas, fatigue dan lain-lain), limitasi sirkulasi darah, drainase limfatik, problematika sendi yang akan mengakibatkan gangguan gerak dan fungsi.

Salah satu intervensi yang bisa diberikan untuk mengatasi hal di atas adalah aplikasi tape yang akan memberikan efek terapi efektif dan efisien selama 24 jam. Intervensi dengan penggunaan tape sudah mulai dikembangkan 4 abad sebelum masehi.

Advertisement

Pemberian intervensi berkembang dari waktu ke waktu hngga ditemukan neuromuscular taping (NMT). NMT dikembangkan di Italy pada tahun 2003 oleh david blow. Konsep NMT merupakan terapi biokanik dengan menggunakan stimulus dekompresi dan kompresi untuk menghasilakn efek positif dari system musculoskeletal, vascular, limfatrik, otopedik dan neurologi.

Konsep NMT ini telah sukses dikembangkan di rumah sakit, klinik, privat praktik oleh dokter, fisioterapis maupun professional kesehatan lainnya dan telah direkomndasikan menjadi therapeutic support dalam berbagai penanganan.

Testimoni dari pasien maupun fisioterapis menunjukkan besarnya manfaat dari aplikasi ini. Pasien mengatakan menjadi lebih relaks, nyaman, gerakan terasa ringan, dengan cepat terbebas dari rasa nyeri merupakan kepuasan untuk fisioterapis.

Fisioterapis merasakan sangat terbantu dalam menangani berbagai masalah, menjadi lebih mudah dalam menghandle pasien menjadi sesuatu yang perlu dipikirkan untuk aplikasi ini. Terbukti bahwa Neuromuscular Taping NMT mampu memberikan efek dalam cakupan problematika system di atas, sangat membantu fisioterapis dalam menangani pasiennya.