Minyak Ikan Mungkin Hambat Pengobatan Kanker

Khasiat minyak ikan memang sudah sedemikian terkenal sebagai suplemen bagi tubuh. Tetapi artikel yang termuat dalam JAMA oncologi yang merupakan hasil studi para pakar di Belanda menyatakan bahwa beberapa suplemen minyak ikan tampaknya mengganggu metabolisme kemoterapi.  Terganggunya metabolisme kemo tersebut menyebabkan sel-sel kanker bisa kembali menguat pasca perawatan.

Menyadur dari voaindonesia.com tidak dipungkiri memang bahwa para dokter hampir selalu menyarankan para pasien untuk mengkonsumsi banyak ikan, karena minyak ikan bermanfaat bagi tubuh. Namun saat ini para peneliti menyatakan mereka mendapati minyak ikan mungkin mengganggu pengobatan para pasien kanker, karena menyebabkan kemoterapi kurang efektif.

Oleh sebab itu, para pakar menghimbau agar para pasien kemoterapi lebih baik tidak minum minyak ikan satu hari sebelum dan sehari setelah sesi kemoterapi. Mereka juga menganjurkan untuk tidak makan ikan yang berminyak seperti herring atau ikan tongkol dalam 24 jam sebelum dan sesudah kemoterapi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *