Daftar menu sarapan sehat untuk sehari hari

ASKEP.id – menu sarapan sehat – Apakah Anda termasuk orang yang tidak suka sarapan pagi? Nah ada baiknya Anda saat memulai aktivitas dengan sarapan pagi. Tahukah anda betapa sarapan pagi itu penting bagi tubuh dan juga kesehatan. Sebagian dari kita sering meremehkan untuk tidak sarapan saat mengawali kerja yang tentu ada berbagai macam alasan yang menyertai.

Sebenarnya waktu terpenting saat makan adalah waktu sarapan. Kenapa demikian? sarapan pagi merupakan sumber energy sebelum beraktivitas. Tubuh dengan energi yang cukup tentu akan menghasilkan produktivitas yang baik.

Dalam memilih menu sarapan tentu saja kita perlu menu sarapan yang baik. Menu sarapan yang baik adalah menu sarapan sehat. Ada beberapa daftar menu sarapan yang sebaiknya dihindari seperti makanan yang mengandung banyak gula, makanan yang mengandung banyak natrium dan makanan yang mengandung banyak lemak jenuh.

Saat menyiapkan sarapan pagi ada baiknya untuk menjauhi jenis makan yang mengandung terlalu banyak gula. Contoh menu sarapan makanan yang mengandung banyak gula yaitu minuman bersoda, donat, sereal dengan pemanis, permen, eskrim, jus buah instan. Contoh makanan yang mengandung banyak natrium adalah pizza, burger, keripik kentang, keripik jagung, sosis, bacon, hotdog, ham, asinan dan pasta. Sedangkan untuk makanan dengan banyak lemak jenuh terkandung dalam sosis, ayam, irisan daging dan mentega.

menu sarapanMemulai menu sarapan sehat dengan jenis makanan yang mengandung banyak gula, natirum dan juga lemak jenuh akan menyebabkan mata cepat mengantuk.

Dalam menyiapkan menu sarapan sehat kita perlu juga mempertimbangkan jumlah kalori yang terkandung dalam sarapan pagi. Menu sehat untuk sarapan sebaiknya mengandung tidak lebih dari 1/3 kalori yang dibutuhkan oleh tubuh dalam 1 hari. Setiap orang tentu memiliki kebutuhan jumlah kalori yang berbeda beda tergantung dari berat badan, aktivitasnya dan juga jenis kelaminnya.

Menu sarapan sehat dan bergizi haruslah banyak mengandung protein. Protein ini bisa kita dapatkan melalui telur, kacang-kacangan, ikan, tahu dan yoghurt. Sebagai informasi protein yang dibutuhkan tubuh dalam 1 hari adalah 1 gram per kilo berat badan

Advertisement

Buah dan sayuran juga merupakan sumber serat yang baik bagi tubuh. Hampir semua buah mengandung bayak serat seperti pir,apel, jeruk dan manga. Sedangkan sayuran yang bisa masuk dalam menu makanan sehat adalah sayuran yang berwarna hijau seperti brokoli dan bayam.

Dalam memilih menu sehat untuk sarapan ada baiknya pilihlah makan yang menagndung banyak serat. Makanan yang banyak mengandung serat terbuat dari gandum dan biji-bijian seperti beras merah, roti gandum dan sereal.

Sebagai pedoman untuk membuat daftar menu sarapan sehat yang bervariasi bisa mengapliasikan daftar sarapan sehat berikut ini.
Hari senin : Sereal, roti gandum dan buah apel
Selasa : Telur dadar, panekuk denga toping manga dan jus avokad
Rabu : Telur, roti gandum dengan selai kacang dan buah apel
Kamis : telur rebus, yoghurt dan tofu.
Jumat: Roti panggang isi telur dadar, edamame rebus dan jus tomat
Sabtu : Waffle dengan sirup maple, susu kacang kedelai daan brokoli
Daftar menu sarapan sehat tersebut dapat diganti variasinya sesuai dengan kebutuhan.