Menghitung Kebutuhan Kalori Tubuh Sehari

Untuk menghitung Jumlah Kalori yang dibutuhkan dalam sehari tubuh kita maka yang wajib dipahami terlebih dahulu adalah mengetahui berapa berat badan ideal yang seharusnya kita miliki. Berat badan ideal tentu identik dengan tinggi badan yang dimiliki.

kebutuhan kaloriUntuk menghitung berat badan yang idela sebenar sangatlah mudah. Sebagi pedoman yang gampang untuk diingat adalah dengan memakai rumus berat badan ideal yang sudah ada. Adapaun rumus untuk menghitung berat badan idela adalah sebagai berikut:

Berat badan ideal = 90% X (Tinggi badan – 100 CM)

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Tubuh Dalam Sehari

Dengan rumus hitung berat badan ideal tersebut maka kita kaan mengetahui berapa berat badang ideal kita seharusnya. Setelah angka berat badan yang ideal diperoleh maka langkah selanjutnya adalah mengkalikan berat badan dengan kebutuhan kalori per kilogram berat badan.

Adapun kebutuhan kalori perkilogram berat badan untuk pria adalah 30kkal/kgBB sedangkan untuk wanita adalah 25kkal/kgBB. Angka hasil kali tersebut dinamakan sebagai angka kebutuhan kalori basal/minimal.

Selanjutnya adalah angka kebutuhan kalori basal/minimal itu perlu ditambahkan atau dikurangi sesuai dengan jenis aktivitas sehari hari yang dikerjakan. Setiap aktivitas digolongkan dalam aktivitas ringan, aktivitas sedang dan aktivitas berat. Setiap penggolongan aktivitas ini memiliki penambahan prosentase yang berbeda beda.

Untuk penggolongan aktivitas tersebut dapat dilihat pada tabel aktivitas berikut ini:
Akitvitas Ringan (10-20%) : berjalan, kerja kantoran, membaca,menyetior mobil, memancing, mengajar
Aktivitas sedang (20-30%): bersepeda, berjalan cepat, berkebun, kerja rumah tangga, kerja dipabrik atau outdoor
Aktivitras berat (40-50%): Joging, atletik olahraga berat (tenis,panjat tebing), jenis pekerjaan berat (Kuli)

Advertisement

Sebagai contoh jika seorang pria dengan tinggi badan 170 cm maka berat badan ideal adalah 90% x (170-100) = 63kg. Angika kebuituhan kalori minimal dalam sehari adalah 63×30=1.890kkal dalam sehari.

Dengan mengetahui penggolongan aktivitas tersebut kita bisa menambhakan pada angka kebutuhan kalori basal/minimal yang kita miliki. Sebagi contoh apabila aktivitas sehari hari tegolong ringan maka angka kebutuhan kalori basal/minimal ditambahkan 10-20% sehingga diperoleh angka 2.080-2.270kkal. Angka inilah yang merupakan jumlah kebutuhan kalori total dalam sehari. Sekarang kita sudah bisa menghitung Jumlah Kalori yang dibutuhkan dalam sehari.

Untuk memgetahui jumlah kalori makanan yang anda makan,kita dapat melihat pada kemasan atau mencari informasi diberbagai sumber seperti internet atau buku mengnai makanan.

Berikut ini daftar beberapa jenis makan dan minuman serta buah dengan kandungan kalori di dalamnya.
Nasi putih 1 piring : 240kkal
Roti tawar 1 potong: 65kkal
Mie instan 1 bungkus :330kkal
Telur 1 butir : 70kkal
Ikan segar 100g : 113kkal
Kacang Hijau 100g : 345kkal
Tahu 100g : 68kkal
Tempe 100g : 149kkal
Ayam goreng dada : 220kkal
Yogurt non-fat 240ml : 125kkal
Keju parmesan 100g : 385kkal
Keju mozzarella 100g : 315kkal
Panekuk 1 biji : 60kkal
Roti gandum 1 potong : 70kkal
Waffle 1 potong : 240kkal
Susu low fat 240ml : 120kkal
Pie apel 1 potog : 405kkal
Jeruk 1 biji : 60kkal
Apel 1 biji : 80kkal
Pisang 1 biji:105kkal
Avokad 1 biji:305kkal
Wortel 1 biji:30kkal
Tomat 1 biji:80kkal
Minyak 1 sendok the:120kkal

Demikian artikel singkat mengenai cara menghitung kebutuhan kalori tubuh dalam sehari. Semoga bermanfaat.