Wow Ternyata Ini Alasan Kenapa Kita Perlu Meditasi

Anda pasti sudah sering mendengar kata meditasi. Mungkin alasan beberapa orang bahkan mungkin termasuk Anda melakukan kegiatan meditasi adalah untuk mendapatkan ketenangan, ketenangan pikiran dan kehidupan dengan lebih sedikit stres di dalamnya.

Bukan hanya manfaat spiritual saja yang diperoleh dengan melakukan meditasi tetapi manfaat duniawi juga. Meditasi menjadi salah satu aspek yang lebih penting dari gaya hidup yang sukses. Meditasi sendiri sudah ada sejak ribuan tahun lalu dan baru-baru ini para ilmuwan mulai melihat begitu banyak manfaat meditasi yang mempengaruhi aspek kehidupan termasuk mempengaruhi tubuh dan pikiran.

manfaat meditasi

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa meditasi dapat membantu mengurangi tingkat depresi dan kecemasan yang disebabkan oleh pengaruh eksternal. Kecemasan dan depresi harus segera ditangani sejak dini dan bila kondisi depresi ini terus berlanjut maka perlu bantuan dokter dan psikolog untuk menanganinya.

5 Alasan Penting Mengapa Kita Perlu Meditasi

Berikut adalah beberapa alasan mengapa meditasi harus dimasukkan ke dalam hidup kita:

Meditasi dapat menenangkan pikiran
Dengan melakukan kegiatan meditasi maka tingkat stress dapat dikurangi dan ini sangat membantu untuk menjaga kesehatan otak Anda. Ini bukan sekedar diet sehat penuh vitamin yang membuat otak berjalan lancar tetapi sebagai tameng dari pengaruh eksternal juga. Kita adalah orang-orang yang sangat sibuk dan hidup kita dipenuhi dengan gangguan dan stres. Kita cenderung terbawa oleh pengaruh eksternal negatif tetapi jika dan ketika kita mau belajar bagaimana bermeditasi beberapa menit sehari, otak terurai dan mampu mendorong stres keluar. Dengan pikiran yang jernih, otak dapat menemukan solusi positif untuk gangguan dan masalah yang timbul.

Meditasi mampu menurunkan tekanan darah tinggi
Menurut American Heart Association, stres adalah sistem alarm alami tubuh melepaskan adrenalin yang menyebabkan percepatan dalam pernapasan Anda, mempercepat denyut jantung dan peningkatan tekanan darah. Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang berlatih meditasi transcendental secara teratur memiliki 48 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami serangan jantung atau stroke dibandingkan dengan seseorag yang menghadiri kelas pendidikan kesehatan selama lebih dari lima tahun.

Advertisement

Meditasi dapat merelaksasi dan peremajaan pikiran dan tubuh
Tidak semua cara meditasi yang benar itu harus duduk tenang dan mendengarkan irama nafas atau mendengarkan musik yang tenang irama musik mengenai alam. Ada Tai Chi misalnya, jenis meditasi menggunakan tubuh Anda untuk bergerak dalam gerakan lambat dan lembut mencapai posisi tertentu yang membutuhkan keseimbangan dan konsentrasi.

Meditasi dapat menyeimbangkan sistem tubuh
Ada bukti ilmiah yang dihasilkan dari MRI scan dari orang-orang yang bermeditasi pada saat itu, ada peningkatan yang signifikan dalam bidang kegiatan yang mengontrol metabolisme dan denyut jantung. Meditasi juga mengurangi baik pengalaman rasa sakit dan mengelola stres akibat mengalami sakit.

Meditasi membantu mengatasi keluhan dengan nyeri kronis
Nyeri akut adalah sensasi yang tidak menyenangkan, berkaitan dengan pengalaman emosional menyusul adanya kerusakan jaringan yang nyata, yang diperparah oleh sensitisasi system saraf perifer maupun system saraf sentral. Intensitas nyeri berubah sesuai dengan proses peradangan , proses penyembuhan, trauma dan gerakan. kronis adalah ketika rasa sakit tidak hilang. Dengan nyeri kronis, proses mental dapat mengubah fenomena sensorik, yang mengarah ke depresi, gangguan stres pasca-trauma dan kesadaran tubuh. Dengan melakukan meditasi intensitas nyeri dapat diturunkan, siklus eskalasi nyeri dapat dimoderasi dan rasa sakit yag mengganggu bisa berkurang. Dengan meditasi itu mengambil kendali dari rasa sakit dan emosi yang sangat penting.

Video #1 : Pengenalan Meditasi

Siapa bilang meditasi itu susah?!  Di video ini, Bhante Nyanabhadra memberikan panduan meditasi yang sederhana dari paling dasar yang bisa diterapkan kapan saja.


Video #2 : Memulai Meditasi

Bagaimana kita tahu apakah meditasi bekerja? Ketika kita memiliki perasaan yang menyesak atau berat menjadi tenang dan mantap, sambil merasakan hangat dan cahaya pada saat yang sama, suara diturunkan dan tubuh jatuh ke fase pra-tidur.

Ada banyak jenis meditasi seperti yoga, meditasi zen, meditasi transendental, doa berulang-ulang, meditasi mindfulness, meditasi dipandu dan sebagainya.

Kita bisa memilih meditasi sesuai dengan kemampuan kita. Meditasi hanya sebuah sarana untuk membantu, kekuatan sebenarnya ada di dalam diri kita.