Manfaat Buah Kurma Saat Berbuka Puasa

Menjelang Ramadhan buah kurma semakin laris dipasaran. Beragam jenis buah kurma akan sangat mudah kita temukan di berbagai pusat perbelanjaan.

Harga yang ditawarkanpun sangat bervariasi tergantung dari jenis buah kurma itu sendiri. Beberapa studi menyatakan saat melakukan buka puasa dengan buah kurma maka ada banyak manfaat yang diperoleh.

Menyantap kurma saat berbuka puasa bermanfaat baik untuk pencernaan karena kurma mudah untuk dicerna dan dapat membantu proses pelepasan sekresi pencernaan sehingga alat pencernaan yang sementara tidak aktif saat aktivitas puasa akan segera terstimulasi dan siap menjalankan fungsinya.

Manfaat buah kurma saat berbuka puasa bisa dibuktikan saat Anda akan berbuka. Cobalah untuk menkonsumsi buah kurma saat berbuka puasa karena akan menghindarkan kita menyantap makanan secara berlebihan.

Nutrisi yang terkandung di dalam buah kurma akan membantu mengurangi rasa lapar akibat berpuasa. Dengan demikian pencernaan yang telah beberapa saat berpuasa akan siap untuk menerima makanan utama.

manfaat buah kurmaKandungan serat yang tinggi dalam buah kurma sangat bermanfaat baik untuk mengatasi kurangnya asupan serat saat berpuasa sehingga mencegah terjadinya sembelit.

Nutrisi dalam buah kurma dapat dengan cepat diserap oleh tubuh sehingga tubuh dapat dengan cepat mendapatkan tambahan energy saat megkonsumsi buah kurma.

Advertisement

Standar asupan serat bagi tubuh adalah 35 gram perhari dan bila asupan serat ini tidak bisa kita penuhi lewat makanan sehari-hari maka solusinya cukup mengkonsumsi buah kurma.

Selain dimakan sebagai buah segar kurma juga dapat diolah dalam aneka bentuk pangan olahan yang menarik. Beberapa jenis makanan olahan dari kurma antara lain sebagai campuran es buah, es campur dan aneka makanan olahan lainnya.

Beberapa orang juga memiliki cara sendiri dalam menyantap buah kurma sehingga lebih lezat seperti mencampur adonan kurma dengan susu, yogurt, atau dengan roti dan mentega.

Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

Karena kaya akan serat maka buah kurma sering digunakan untuk mengatasi berbagai kesehatan terkait dengan pencernaan.

Kandungan serat yang tinggi pada buah kurma membantu memperlancar buang air besar sehingga terhindar dari ancaman sembelit.

Buah kurma juga diyakini dapat menghambat tumbuhnya bakteri merugikan dalam usus dan memperkaya bakteri yang bermanfaat bagi tubuh. Serat yang terdapat dalam buah kurma  akan memperkuat selaput lendir usus untuk mengikat bahan kimia yang merugikan kesehatan sehingga tubuh dapat terhindar dari bahaya kanker usus besar.

Sebagai buah yang cukup dikenal ditanah air, buah kurma juga dapat membantu para penderita keropos tulang atau osteoporosis. Hal ini dikarenakan kandungan mineral pada buah kurma cukup tinggi.

Selain itu buah kurma juga mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium yang sangat penting untuk perumbuhan tulang dan gigi.

Buah kurma juga mengandung zat Kalium dimana zat kalium ini dapat membantu mengontrol denyut jantung dan tekanan darah. Oleh sebab itu kurma sangat baik untuk kesehatan jantung sehingga menghindarkan akan gangguan jantung koroner dan stroek.

Kandungan gula yang cukup tinggi dalam buah sangat baik saat tubuh butuh asupan energy terutama saat berbuka puasa.

Kurma juga sering dijadikan makanan camilan untuk mengatasi kantuk dan letih saat bekerja. Demikian sedikit artikel mengenai manfaat buah kurma semoga bermanfaat dan tetap sehat. Salam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *