Macam – Macam Tanaman Obat Keluarga

Macam – macam tanaman obat – Indonesia sebagai negara agraris tentu menambah daftar keuntungan bagi masyarakatnya. Disini, apapun yang Anda tanam rasanya akan bermanfaat bagi kehidupan manusia, baik dari sisi kesehatan maupun pangan. Kita bisa menemukan beberapa wilayah yang menjadi lumbung padi, adapula beberapa wilayah yang menjadi lumbung sayur-mayur. Kekayaan alam menambah pula daftar panjang tanaman herbal yang mampu dibudidayakan di tanah Indonesia dan dimanfaatkan khasiatnya.

Sayangnya, kepopuleran tanaman herbal mulai tergerus oleh pengobatan dari luar negeri. Begitu banyak masyarakat yang beralih pada obat-obatan modern asal luar negeri, dengan beragam iming-imingnya. Mulai dari bahan-bahan yang diyakini jauh lebih efektif menyembuhkan berbagai macam penyakit, sampai efek samping yang jauh lebih minim. Pada kenyataannya, obat-obatan modern yang terbuat dari bahan-bahan kimia tetaplah memiliki efek samping, dalam jangka panjang.

Macam – Macam Tanaman Obat

Bagi Anda yang masih bingung akan beragam macam tanaman obat keluarga serta khasiatnya bagi kesehatan, berikut beberapa diantaranya.

Lidah buaya atau Aloe Vera
Aloe vera memang sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia maupun orang dari penjuru dunia. Tanaman yang lebih dikenal dengan nama lidah buaya ini, sudah dimanfaatkan secara turun-temurun. Salah satunya adalah untuk kesehatan rambut serta kecantikan para kaum hawa. Penggunaannya yang terbilang mudah, membuat siapapun dapat mengolahnya sendiri di rumah. Bahkan di Jepang telah dilakukan penelitian dan pengembangan klinis terkait khasiat aloe vera untuk mengatasi kanker.
Manfaat lidah buaya yang sudah tidak asing sebenarnya adalah sebagai anti radang. Kandungan 12 zat pada lidah buaya diketahui mampu mengurangi serta mencegah terjadinya peradangan. Tentunya tak ada efek samping dari lidah buaya yang digunakan untuk mengurangi nyeri sendiri ataupun pembengkakan yang diderita. Khasiat lainnya dari lidah buaya adalah mampu mengatasi dan membantu para penderita diabetes. Hal ini dikarenakan konsumsi lidah buaya yang mampu mengontrol kadar gula di dalam darah.

Jarak atau Ricinus Communis
Tanaman jarak memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerah. Di Sumatera misalnya, orang-orang menyebut jarak sebagai Dulang, sedangkan masyarakat Jawa Barat menyebutnya Kaliki. Untuk masyarakat Madura, macam-macam tanaman obat dari jarak disebut sebagai Kalek. Walaupun memiliki sebutan yang berbeda, namun khasiat dari tanaman ini sendiri tentulah tetap sama. Bagian dari tanaman jarak yang bisa Anda manfaatkan sendiri adalah pada bagian akarnya.

Daun jarak pun sebenarnya bisa dimanfaatkan dan biasanya digunakan untuk menurunkan suhu tubuh yang tinggi. Akarnya sendiri dapat digunakan untuk memberikan efek menenangkan atau anti inflamasi serta anti rematik. Biji jarak memiliki khasiat yang lebih mencengangkan, yakni untuk mengatasi hernia, TBC, rematik hingga kanker rahim. Hanya saja perlu diketahui, biji jarak memiliki rasa yang lebih manis, tetapi pedas pada sisi lainnya atau bisa dibilang netral. Walaupun tak memberikan efek samping, Anda perlu membatasi konsumsi jarak sendiri. Ditakutkan konsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping, seperti muntah, pusing dan mual.

Dari informasi di atas mengenai Macam – macam tanaman obat kini Anda bisa menentukan mana yang cocok dengan kebutuhan pengobatan Anda. Bila dirasa sangat bermanfaat ada baiknya Anda mulai membudidyakan sendiri tanaman obat tersebut. Ada beragam pilihan tumbuhan dan macam – macam tanaman obat yang bisa ditanam sendiri. Dengan demikian Anda tidak perlu kuatir saat membutuhkannya setiap saat.

Advertisement

2 thoughts on “Macam – Macam Tanaman Obat Keluarga

  1. Pingback: Macam Macam Tanaman Obat Berkhasiat - ASKEPS.com

  2. Pingback: Macam Macam Tanaman Obat Berkhasiat | ASKEPS.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *