Macam Macam Tanaman Obat Berkhasiat

Macam macam tanaman obat berkhasiat bisa dilihat tumbuh subur di tanah Indonesia. Ada begitu banyak tanaman obat yang bisa ditanam dan dirawat sendiri di sepetak lahan atau halaman rumah. Tak jarang beberapa obat tersebut pun mampu dimanfaatkan kapanpun ketika Anda membutuhkan. Keberadaan tanaman obat tentu jauh lebih aman untuk dikonsumsi dalam jangka waktu panjang sekalipun. Berbeda dengan obat-obat modern yang terbuat dari bahan kimia, tanaman obat pastinya jauh dari efek samping.

Anda mungkin memang tak merasakannya saat ini, tetapi beberapa tahun ke depan. Umumnya, gejala awal dari dampak bahan kimia ini adalah menurunnya fungsi beberapa organ tubuh. Tubuh mulai kehilangan keseimbangan ataupun sistem metabolisme yang sedikit terganggu. Kondisi ini tidaklah berlaku pada macam-macam tanaman obat yang Anda konsumsi. Sebab bahan-bahan alami yang sudah diketahui khasiatnya sejak zaman dahulu sampai berbagai jurnal ilmiah pun melaporkannya.

Berikut macam – macam tanaman obat berkhasiat yang dapat dimanfaatkan :

Seledri atau Apium Graviolens
Berbeda dari beberapa tanaman sebelumnya, seledri umumnya digunakan sebagai bahan penyedap masakan. Rasa yang khas dari seledri dipercaya mampu meningkatkan citarasa pada masakan yang ditaburkan. Nyatanya, seledri taklah sekedar bahan penyedap yang tidak memiliki khasiat sedikitpun pada kesehaan. Beberapa jurnal menyebutkan bahwa seledri efektif digunakan sebagai obat asam urat pada seseorang. Cara mengolahnya pun tak sulit, yakni dengan cara merebus daun seledri dan mengkonsumsi air hasil rebusan tersebut.

Belimbing atau Averrhoa Carambola
Salah satu dari macam macam tanaman obat berkhasiat adalah belimbing buah yang memiliki bentuk bintang ini tentu sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Kita seringkali mengkonsumsi belimbing di tengah terik matahari untuk menghilangkan haus dan dahaga. Belimbing yang Anda konsumsi nyatanya mengandung banyak macam vitamin, seperti A, C dan B yang baik bagi tubuh. Tak hanya itu, adapula kandungan mineral, seperti protein, fosfor, kalsium dan lainnya yang membantu proses metabolisme di dalam tubuh.

Dengan rasanya yang enak, tak jarang orang-orang memilih buah ini sebagai kudapan sehat. Mengingat macam-macam tanaman obat pun memasukkan belimbing sebagai pilihan obat yang wajib konsumsi. Bagaimana tidak, buah ini dapat dimanfaatkan oleh para penderita hipertensi untuk mengontrol tekanan darah harian. Selain itu, penderita kolesterol tinggi pun mampu mengontrol kadar kolesterol untuk mencegah beberapa dampak kesehatan. Cara mengolahnya pun tak sesulit tanaman obat lainnya, yakni dengan mengkonsumsi buah belimbing setiap hari sesudah makan.

Daun dewa atau Gynura Divaricata
Dari macam macam tanaman obhat berkhasiat nama daun dewa memang terdengar sangat keren dan istimewa bukan? Pada kenyataannya, daun dewa memang kaya kandungan dan khasiat bagi kesehatan tubuh kita. Bisa dibilang, sebutan daun dewa pantas disematkan pada tanaman obat yang satu ini. Dari hasil penelitian macam – macam tanaman obat berkhasiat, daun dewa sebenarnya bisa digunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi serta mencegah stroke. Anda yang memiliki riwayat gejala stroke ataupun stroke ringan, cobalah untuk rajin mengkonsumsi daun dewa.

Advertisement

Kandungan atsirin, saponin dan zat lainnya membantu tubuh menormalkan tekanan darah tinggi. Di samping itu, daun dewa pun bisa Anda gunakan untuk meredakan panas tinggi pada buah hati. Luka memar yang sering timbul akibat benturan pun bisa dihilangkan dengan menumbuk halus daun dewa. Membalurkan daun dewa pada luka memar dapat mempercepat penyembuhan luka dalam yang tengah dialami oleh tubuh Anda.

Setelah membaca beberapa manfaat pada tanaman obat, tentu Anda sudah mulai memilah dan memilih. Tanaman mana yang serupanya dapat Anda budidayakan di rumah dan bermanfaat untuk kesehatan Anda. Tak hanya itu, tentunya tanaman yang dipilih merupakan tanaman yang cocok pada masa penyembuhan penyakit tersebut. Dengan begini, Anda sama saja berhemat sekaligus sehat tanpa harus keluar biaya mahal serta menyimpan efek samping di kemudian hari. Jika dirasa kurang puas dengan beberapa tanaman herbal, Anda pun bisa mempertanyakan pada dokter. Cara tersebut efektif meningkatkan kepercayaan diri Anda terkait pro dan kontra macam macam tanaman obat berkhasiat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *