Mengapa Flu Influenza Banyak terjadi Saat Hujan

Influenza saat hujan – Bila datang musim hujan maka seringkali orang yang terkena flu meningkat. Cenderung orang mudah tekena flu sehabis berhujan hujanan. Lalu apakah hujan yang menyebabkan orang terkena Flu tersebut ? Sebenarnya hujan bukanlah penyebab terkena flu walaupun memang harus diakui bahwa orang yang terkena flu meningkat disaat musim hujan.

Flu atau lengkapnya Influenza adalah penyakit yang disebabkan oleh virus influenza A,B dan C. Tanda tanda awal orang terjangkit flu adalah badan menjadi demam, ada rasa nyeri ditenggorokan disertai juga dengan adanya nyeri otot, kadang kepala terasa pusing, batuk atau bersin-bersin dan badan lemas. Penyebaran virus influenza ini bisa dengan cara langsung ataupun tidak langsung. Penyebaran secara tidak langsung bisa melalui udara. Udara adalah penghantar virus flu yang dominan dimana ketika ada seorang penderita flu yang batuk atau bersin maka virus influenza dapat menyebar lewat udara disekelilingnya. Selain lewat udara penyebaran virus Influenza secar tidak langsung juga bisa melalui percikan air liur. Percikan air liur dari si penderita penyakit flu masuk secara langsung ke dalam saluran nafas orang lain. Resiko orang yang berada diseklilingnya untuk terjangkit virus ini semakin besar dikala kekebalan tubuhnya tidak baik.

Virus Influenza Mudah Tersebar Saat Hujan

influenzaHujan hanyalah factor pendukung orang lebih mudah terjangkit penyakit flu ini. Biasanya orang akan bergerombol berteduh saat hujan dan kemungkinan kontak dengan penderita flu semakin besar. Tidak adanya sinar matahari langsung juga salah satu factor meningkatnya perkembangan virus Influenza tersebut. Di saat musim hujan tentu sinar matahari akan tertutup oleh awan tebal dimana sebenarnya virus akan “mati” apabila terkena pancaran sinar matahari sehingga menghambat penyebaran itu sendiri. Sinar matahari juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh terbentuk dengan baik.

Sehingga walaupun ada korelasi antara meningkatnya penyakit flu dengan musin hujan akan tetapi hujan bukanlah penyebab orang terkena flu. Flu terjadi karena ada virus Influenza dimana ketika musin hujan perkembangan dan penyebaran virus ini lebih baik daripada dimusim panas. Etika batuk yang baik juga bisa menghindarkan orang lain terkena virus influenza dan mengurangi penyebarannya. Usahakan untuk menggunakan penutup mulut saat sedang batuk. Untuk mencegah tertular penyakit flu ada bainya untuk  Menghindari kontak terlalu dekat dengan penderita flu dan selalu mencuci tangan baik akan maupun sesudah beraktivitas.

One thought on “Mengapa Flu Influenza Banyak terjadi Saat Hujan

  1. Pingback: Bolehkah Anak Hujan Hujanan? Adakah Manfaatnya? | BOLEHKAH.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *