Gambaran EKG T Inverted

EKG T inverted atau gelombang T yang terbalik memang sering ditemukan dalam pemeriksaan EKG. Lalu apa arti dari gelombang T EKG tersebut dan bagaimana menentukkan diagnosis yang tepat dari petunjuk gelombang EKG tersebut ?

Gelombang T menggambarkan repolarisasi ventrikel. Gelombang T sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor baik yang berasal dari jantung maupun luar jantung. Hasilnya adalah gelombang EKG T inverted memiliki hasil gambar yang cukup beragam. Pada jantung yang normal, repolarisasi dimulai dari daerah jantung paling akhir berdepolarisasi dan kemudian berjalan mundur ke arah yang berlawanan dengan gelombang depolarisasi. Oleh sebab itu gelombang depolarisasi yang mendekat ataupun gelombang repolarisasi yang menjauh tetap menghasilkan defleksi positif pada EKG. Tinggi gelombang T atau Amplitudo dianggap normal bila menunjukkan sepertiga sampai dua pertiga gelombang R sebelumnya.

EKG T Inverted

Gambaran EKG T Inverted merupakan gambaran dari repolarisasi otot ventrikel. Gelombang positip pertama setelah gelombang S. Normal gelombang T, pasti akan selalu mengikuti arah komplek QRS dan selalu negatif pada lead aVR, tingginya tidak lebih dari 5 mm pada ekstermitas lead( I, II, III, aVR, aVL, aVF) dan tidak lebih dari 10 mm pada precordial lead (V1 s/d V6).

Gelombang T yang tinggi kerap kali ditemukan pada kasus hiperkalemia. Sedangkan gelombang T yang datar atau terbalik atau inverted biasanya sering di temui pada kasus penyakit jantung iskemic, dll.

Inversi gelombang T merupakan temuan yang tidak spesifik. Banyak hal yang dapat menyebabkan gelombang T terbalik seperti blokade cabang berkas maupun hipertrofi ventrikel yang disertai kelainan repolarisasi. Inversi gelombang T dengan sendirinya hanya merupakan petunjuk tentang iskemia dan tidak diasnogtik untuk infark miokardium. Namun, salah satu ciri diagnostik pada inversi gelombang T adalah kesimetrisannya. Pada iskemia miokardium inversi gelombang T akan bersifat simetris sedangkan pada sebagian besar keadaan lain bersifat asimetris.

Apabila ditemukan ST depresi atau EKG T inverted tapi tidak ditemukan signs yang mengarah ke diagnosa jantung iskemik, maka gambaran tersebut dinamakan dengan ST atau T non spesifik. Tapi ST atau T nonspesifik ini bukan berarti tidak penting, tapi perlu pengkajian lebih lanjut mengenai penyebab terjadi gambaran EKG tersebut. Penyebab gambaran dengan ST atau T nonspesifik itu adalah bisa diakibatkan oleh Gangguan keseimbangan elektrolit, Cardiomypaty, Pulmonary emboli, Myocarditis & Pericarditis
dll.

Advertisement

Pada wanita gambaran EKG T inverted di anterior wall memang kadang-kadang tidak spesifik dan itu merupakan pertanda iskemi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *