Penyebab Diare dan Cara Mengobati

Diare adalah penyakit buang air besar dimana fesesnya cair, bisa disertai rasa mulas dan kadang disertai muntah. Diare terjadi akibat terjadinya gangguan pada proses penyerapan air dan garam oleh dinding usus karena adanya peradangan diselaput lendir. Seseorang dikatakan menderita diare bial buang air besarnya beberapa kali lebih banyak dari biasanya.

Diare ada yang akut ada yang kronis. Diare yang terjadi hanya sekali kali mungkin tidak apa apa dan bisa sembuh sendiri. Namn diare yang berat ditambah dengan muntah berlangsung terus menerus bisa menyebabkan kekurangan cairan (dehidrasi) dan membahayakan jiwa.

Penyebab Diare

Penyebab diare bermacam-macam bisa virus, bakteri keracunan makanan atau karena alergi terhadap makanan atau obat tertentu. Yang paling sering diare karena salah makan atau virus. Bakteri yang sering menimbulkan diare adalah infeksi bakteri E.coli selain itu juga salmonella sp (penyebab tifus dan paratifus) dan shigella.

Pada kasus yang jarang diare yang terus menerus mungkin merupakan gejala adanya penyakit yang lebih serius seperti disentri (karena amuba atau bakteri) kolera, penyakit radang usus kronis atau kanker. Rasa cemas dan takut juga bisa menjadi penyebab diare.

Mencegah Timbulnya Diare

Untuk mencegah diare karena infeksi cucilah tangan setiap kali kita hendak makan sesuatu. Tutuplah makanan agar terhindar dari lalat, kecoa atau tikus. Hendaknya makanan matang dan mentah disimpan secara terpisah dan makanan sisa lebih baik disimpan dilemari es.

Bila menderita diare minumlah banyak cairan (air,saribuah dan lain-lain) untuk menghindari dehidrasi. Bila diarenya bukan karena susu, janganlah menghentikan konsmsi susu, terutama pad abayi dan anak-anak. Hindari makanan padat dan makanlah makanan lembut seperti bubur atau roti. Makanlah dalam porsi kecil tapi sering selama 1-2 hari.

Pengobatan Diare

Setelah beberapa kali diare untuk menghindari dehidrasi minumlah oralit. Bila tidak ada Anda juga bisa minum larutan air gula dan garam. Bila ingin mencoba obat tradisional minumlah ramuan daun jambu kelutuk. Ambil 6 helai daun jambu kelutuk cuci bersih lalu tumbuk sambil diberi 1 cangkir air bersih. Peras dan saring. Ramuan ini bisa diminum 2x.

Advertisement

Selain itu minum teh pekat juga bisa membantu mengurangi diare. Untuk mengganti elektrolit yang keluar karena muntah dan diare bisa digunakan oralit yang diminum sedikit sedikit. Atau norit bila da gangguan pencernaan, diare perut kembung atau keracunan makanan. Obat diare lain yang mengandung bismut subsalisilat atau attapulgite dapat menyerap lebih banyak cairan pada feses sehingga feses menjadi keras.

Sedapat mungkin tidak minum obat yang menghentikan diare karena efek sampingannya berat terutama pada anak. Bila diare sampai lebih dari 1 minggu dokter mungkin memberikan resep antibiotik sesuai kuman penyebabnya. Namun bila Anda menderita diare kronis ada kemungkinan dokter akan melakukan colonoscopy atau sigmoidoscopy dan pemotretan usus dengan sinar rontgen untuk mengetahui apakah ada kelainan di usus.