Cara Pencegahan dan Pengobatan Demam Berdarah

Apa perbedaan antara demam berdarah dan demam dengue? Pada demam dengue dikenal juga sebagai demam 5 hari hal ini disebabkan demam yang terjadi pada penderita demam dengue biasanya tidak lebih dari 5 hari

Sedangkan demam berdarah atau dengue hemorrhagic fever merupakan demam dengue yang disertai dengan adanya suatu pendarahan hebat.

Demam berdarah pada umumnya akan terjadi pada orang yang pernah terjangkiti virus dengue. Gejala demam dengue dan demam berdarah hampir sama dengan flu.

Penderita demam dengue akan mengalami panas tinggi, sakit kepala, sakit pada persendian dan oto. Kadang penderita demam dengue juga akan mengalami pilek, batuk, diare dan kemerahan pada kulit.

Suhu pada penderita demam berdarah biasanya terus tinggi yang tidak turun turun (kalaupun turun cuma sebentar), disertai rasa sakit kepala hebat, ada rasa sedikit sakit pada persendiaan.

Fase demam berdarah penderita juga akan mengalami hilangnya nafsu makan, muntah dan lemah lesu. Setelah demam 3 hari biasanya timbul bintik bintik merah pada kulit yang merupakan bintik demam berdarah, kadang diikuti timbulnya bercak darah, perdarahan dari hidung dan dibagian putih mata, rasa sakit atau mual dilambung.

Advertisement

Pada stadium lanjut, timbul bercak bercak perdarahan berupa memar atau keluarnya darah berupa memar atau keluar darh dari hidung, gusi, muntah dan feses berwarna kehitaman.

Bila pasien tidak segera mendapat pertolongan bisa terjadi kematian.

Penyebab kedua demam ini adalah virus yang ditularkan oleh jenis nyamuk kebun aedes aegypti.

Nyamuk berbelang hitam putih ini biasanya berkeliaran pada siang hari atau berkembang biak di air yang tergenang.

Mengingat demam berdarah cukup berbahaya, maka tindakan pencegahan demam berdarah yang paling baik. Antara lain sedapatnya jangan membiarkan adanya genangan air bersih.

Sebagai pencegahan demam berdarah maka pastikan untuk  mengganti air jambangan dan bak mandi paling sedikit seminggu sekali. Air simpanan atau kolam harus diisi ika atau diberi abate yang dapat dibeli di apotek secara rutin.

Pengobatan Demam Berdarah

Disamping tindakan dokter (dirawat dan diberi infus), pengobatan demam berdarah untuk membantu penderita agar tidak banyak kehilangan  zat pembeku darah/trombosit minumkan penderita jus jambu klutuk yang paling bagus yang merah sesering mungkin.

Selain itu pengobatan demam berdarah dengan memakai air rebusan daun sirih untuk mandi dan usahakan penderita banyak minum.

Bila diketahui menderita demam berdarah sebaiknya penderita tidak mengobati sendiri. Segeralah ke dokter untuk menghindari hal yang lebih buruk.

Demam dengue biasanya akan sembuh sendiri setelah 5 hari. Sedangkan demam berdarah membutuhkan pertolongan dokter sesegera mungkin karena pendarahan yang hebat bisa terjadi sewaktu waktu.

Biasanya penderita harus dirawat di rumah sakit dan diberi cairan infus untuk mengatasi kekurangan cairan dalam tubuh.

Bila perlu dilakukan tranfusi plasma darah untuk mengurangi kekukrangan trombosit.