Bagaimana Cara Mengobati Dermatitis Dengan Tepat

Cara Mengobati Dermatitis. Kita tentu pernah mendengar seseorang, kenalan atau bahkan keluraga tersayang terserang penyakit Dermatitis. Lalu apa sebenarnya penyakit Dermatitis itu sendiri ? Dermatitis merupakan gangguan pada kulit yang menimbulkan peradangan di kulit. Seseorang yang terkena penyakit ini tentu akan merasa terganggu dan merasa tidak nyaman. Saat kulit terserang dermatitis kadangkala akan menggangu aktivitas sehari-hari tentu merepotkan bukan. Oleh sebab itu sangatlah penting untuk mengetahui bagaimana cara mengobati dermatitis dengan baik dan benar.

Dermatitis dapat timbul diberbagai lapisan kulit pada tubuh manusia mulai dari kulit kepala sampai kaki. Perlu diketahui bahwa Dermatitis timbul karena beberapa faktor yang mempengaruhi diantaranya adalah alergi dan gangguan gentika. Jenisnya pun bermacam macam seperti Dermatitis Kontak (Alergi Kulit atau Iritasi), Dermatitis Atopik (Eksem)Mengobati Dermatitis Seboroik (Ketombe), Dermatitis Numular (Bercak Merah Berbentuk Bulat), Dermatitis Statis (Kaki Bengkak dan Gatal) dan dermatitis Neurodermatitis (Menggaruk Kompulsif)

Penyakit dermatitis dapat menyerang siapa saja dan tidak mengenal usia. Gejala dermatitis dapat dilihat saat muncul ruam atau bercak merah seringkali berupa tonjolan pada kulit dan terasa gatal.

cara megobati dermatitis

Image courtesy of arztsamui at FreeDigitalPhotos.net

Sebenarnya cara untuk mengobati dermatitis dapat dilakukan secara mandiri dirumah dengan memakai obat dermatitis yang banyak tersedia dan dijual dipasaran. Tetapi ada baiknya untuk mengenali terlebih dahulu jenis dari penyakit dermatitis itu sendiri. Nah pada artikel kali ini akan di ulas bagaimana cara mengobati Dermatitis Kontak.

Cara Mengobati Dermatitis Kontak (Alergi Kulit atau Iritasi)

Dermatitis kontak ini adalah peradangan kulit yang paling sering ditemui. Bagaimana kita mengetahui jenis dari dermatitis kontak ini ?. Kalau kita melihat ada atau timbul ruam merah terpusat pada kulit dan terasa gatal bisa jadi itu merupakan gejala kulit terserang dermatitis kontak. Biasanya timbul karena alergi terhadap benda yang menyentuh atau kontak langsung dengan kulit kita seperti benda terbuat dari logam maupun tanaman yang bisa menyebabkan alergi pada seseorang.

Untuk mengobati peyakit dermatitis kontak ini ada baiknya kita membasuh kulit yang terasa gatal dengan menggunakan air hangat sampai bersih. Bisa juga membersihkan dengan memakai sabun tanpa wewangian. Saat membersihkan kulit Usahakan tidak meggaruk kulit karena bisa timbul luka dan berakibat infeksi lebih lanjut.

Advertisement

Salah satu obat untuk megobati dermatitis kontak adalah dengan antihistamin tanpa resep seperti Benadryl. Anda bisa memakai pelembab yang memiliki sifat hipoalergenik tanpa kandungan alkohol sehingga dapat membantu menjaga kelembaban kulit dan membantu proses kesembuhan semakin cepat.

Kita perlu untuk tetap menjaga kelembapan kulit yang terkenda dermatitis sehingga kulit tidak dehidrasi. Kelembapan kulit dapat dijaga dengan memakai salep, krim, atau losion dan saat memakainya usahakan untuk tidak menggosokkannya.

Pastikan juga bila setelah pemakaian pelembab kulit tersebut rasa gatal semakin tambah parah ada baiknya untuk menghentikan pemakaian pelembab kulit tersebut atau bisa juga menggantinya dengan pelembab lainnya.

Gunakan Air Salah Satu Untuk Meredakan Dermatitis

Selain itu Anda bisa menggunakan air dingin untuk membantu meredakan rasa gatal. Walaupun air dingin tidak menyembuhkan dermatitis kulit tetapi akan mengurangi rasa gatal. Caranya adalah mandi dengan mamakai air dingin atau bisa ditambahkan dengan soda kue atau oatmeal koloid ke dalam air yang akan digunakan untuk mandi.

Memberikan kompres dingin pada kulit yang terkena dermatitis kontak juga bisa membantu menguragi rasa gatal dan peradangan. Kompres area kulit yang tekena dermatitis kurang lebih 20-30 menit dan ulangi sampai dirasa nyaman dikulit.

Biasaya gejala dermatitis kontak akan hilang dalam kurun waktu 1-2 minggu setelah perawatan di atas. Ada baiknya Anda konsultasikan dengan dokter apabila gejala dermatitis kontak tidak kunjung reda atau bila timbul infeksi dan lepuhan pada kulit.

Agar Terhindar Dari Dermatitis Kulit

Salah satu upaya untuk terhindar dari dermatitis kontak adalah dengan menghindari penyebab alergi kulit. Memang agak sulit untuk bisa langsung mengenali apa penyebab terjadinya ruam dan gatal pada kulit. Tetapi seiring dengan waktu dan frekwensi timbulnya dermatitis kita akan bisa memilah benda benda apa saja yang bisa menimbulkan dermatitis pada kulit kita.

Beberapa benda yang sering menjadi pemicu alergi adalah kosmetik, parfum, produk untuk rambut, dan perhiasan logam detergen, sabun, dan cairan pembersih rumah. Tetapi untuk hasil yang lebih pasti bisa anda konsultasikan kepada dokter apa yang memicu alergi pada kulit Anda tersebut.

Demikian artikel seputar cara mengobati Dermatitis Kontak atau peradangan pada kulit. Selalu jaga kesehatan dan hidup lebih bahagia. Salam