Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Cepat

Siapa yang tidak pernah ketombean ? Kondisi sepele tetapi saat berhadapan dengan ketombe sering kita segera mencari cara menghilangkan ketombe baik dengan produk obat ketombe maupun cara menghilangkan ketombe secara alami.

Apakah Anda tahu ternyata lebih dari 70% warga Amerika juga mengalami masalah yang sama lho dan apakah Anda tahu juga kalau dana yang mereka keluarkan tidaklah sedikit untuk masalah ketombe ini. Lebih dari 300 juta dollar tiap tahunnya mereka belanjakan untuk mengatasi permasalahan ketombe tersebut atau mencari obat ketombe.

Kali ini kita akan membahas masalah sepele namun cukup mempengaruhi rasa percaya diri. Apalagi kalau saat ketombean serbuk serbuk ketombe sampai hinggap di ujung ujung rambut kita bahkan sampai berjatuhan kemana-mana. Membayangkan saja kita sudah risih bukan.
Bahkan bukan tidak mungkin kamu juga salah satunya yang pernah mengalaminya ?

Cara menghilangkan ketombe secara alamiTidak bisa dipungkiri memang bahwa kotembo adalah masalah yang paling banyak di alami oleh masyarakat kita.

Kalau bisa dikatakan penyebab ketombe memang bisa berkaitan dengan penyakit atau jamur yang menyebabkan ketombe atau salah menggunakan produk perawatan rambut tertentu atau penggunaan penutup kepala yang terlalu lama juga salah satu pemicu timbunya ketombe.

Nah kalau kita bisa melihat isi dari kulit kepala yang berketombe maka di sana akan kita temukan koloni jamur.

Jamur inilah yang menyebabkan timbulnya ketombe dimana jamur ini akan memakan minyak alami yang ada dilapisan kulit kepala sehingga kulit kepala menjadi kering.

Advertisement

Apabila kulit kepala benar-benar kering maka pada akhirnya kulit menjadi mati dan kemudian akan mengelupas.

Kulit yang mengelupas akan jatuh seperi butiran salju dan itulah yang disebut sebagai ketombe.

Jadi kenapa ketombe bisa terjadi penyebab ketombe ini disebabkan karena jamur yang memakan minyak yang ada di kulit kepala kita.

Bagi para penderita masalah ketombe berkepanjangan tidaklah dipungkiri memang sering menurunkan rasa percaya diri. Apalagi saat harus mengenakan pakaian gelap disaat ketombe menyerang. Tentu akan tampak sekali bila butiran butiran kulit kepala atau ketombe menempel pada pakaian.

Pada dasarnya kulit kepala kita akan selalu mengelupas, tetapi mengelupas secara alami dan terjadi sedikit demi sedikit. Proses pengelupasan kulit kepala yang normal jelas tidak akan terlihat.

Pada kasus kulit kepala mengelupas tidak normal atau terlalu banyak inilah yang harus diperhatikan dan perlu penanganan secara khusus. Misalnya saja ketombe nampak pada pakaian anda maka indikator ini jelas pengelupasan kulit kepala cukup banyak.

Simak Bagaimana cara menghilangkan ketombe secara alami

Nah lalu bagaimana solusi yang mudah untuk mengatasi situasi ketombe ini? Apa obat ketombe yang paling baik ? Bila ingin mengatasi masalah ketombe tentu kita ingin megatasi penyebabnya dahulu.

Pada awal sudah dikatakan bahwa ketombe disebabkan oleh jamur jadi solusi terbaik untuk mengatasi ketombe dengna cepat adalah kita harus menekan populasi jamur penyebab ketombe.

Ada cara mudah untuk menekan populasi jamur penyebab ketombe di kulit kepala. Walapun mungkin tidak semua kondisi ketombe pada setiap orang sama tetapi cara ini patut untuk dicoba.

Cara ini tergolong mudah dan cukup aman karena ini adalah cara menghilangkan ketombe secara alami. Caranya adalah dengan memanfaatkan cuka apel.

Kenapa memilih cuka apel untuk mengatasi ketombe ? Cuka apel memiliki tingkat keasaman dimana tingkat keasaman inilah yang akan berfungsi untuk menekan populasi dari jamur yang ada dikulit kepala kita.

Cara menghilangkan ketombe dengan cuka apel

Penggunaan cuka apel ini juga tidak merusak produksi minyak alami yang ada dikulit kepala kita. Jadi cukup aman digunakan untuk kulit kepala. Nah lalu bagaimana cara membuat formulanya ?

Formula memanfaatkan cuka apel untuk mengatasi ketombe adalah sediakan cuka apel seperempat cangkir lalu cuka apel tersebut campurkan dengan seperempat cangkir air. Aduk hingga rata dan masukkan campuran cuka apel dan air tersebut kedalam wadah yang dapat disemprotkan.

Pengaplikasiannya adalah semprotkan campuran cuka apel tadi pada kulit kepala. Mohon diperhatikan saat melakukan penyemprotan usahan jangan sampai mengenai mata. Semprotkan campuran cuka apel secara merata di kulit yang berketombe.

Setelah kulit kepala dirasa sudah merata terkena larutan cuka tadi tutuplah kepala dengan handuk lalu biarkan selama 20 menit sampai dengan 30 menit. Kegiatan ini seperti layaknya kalau anda melakukan creambat disalon.

Lakukan kegiatan ini seminggu 2 kali. Bila ini rutin dilakukan maka populasi jamur penyebab ketombe dapat ditekan dan ketombepun pasti akan hilang. sangat mudah bukan. Itulah solusi mengatasi ketombe dengan alami dan cepat.

Ketombe yang tidak ditangani akan semakin banyak dan menggangu. Saat mengalami masalah dengan timbulnya ketombe di kepala mungkin rasa percaya diri kita akan jatuh dan ini sering lebih mengancam bila dibandingkan dari sisi kesehatan.

Bila ini terjadi dengan Anda jangan kuatir karena bukan cuma Anda saja yang mengalaminya tetapi lebih dari 50 juta orang di dunia juga mengalami masalah yang sama mengenai ketombe.

Ketombe bisa jadi tidak berbahaya bagi jiwa manusia tetapi lebih tepat dikatakan kalau ketombe manjadi ancaman bagi kedamaian jiwa. Ya tidak dipungkiri bahwa ketombe sering menjadi penyebab jatuhnya rasa percaya diri. Yang perlu kita pahami adalah ketombe itu bukan suatu penyakit menular yang harus dihindari. Jadi jangan takut ya kalau berdekatan orang yang ketombean.

Fenomena pergantian kulit mati dengan kulit baru atau sel kulit baru selalu terjadi berulang ulang setiap saat. Disebut sebagai ketombe saat kulit mati dan terkelupas tejadi dalam jumlah cukup banyak. Dalam kulit kepala terdapat jamur Pityrosporum Ovale yang dalam keadaan normal populasinya adalah 46%. Saat mengidap ketombe maka populasi dari Pityrosporum Ovale ini mencapai 74%.

Dibandingkan saat musin panas maka ketombe sering muncul pada musim dingin. Rajin-rajinlah untuk mencuci rambut dan kulit kepala saat menderita ketombe. Dengan lebih sering mencuci kepala maka serpihan-serpihan kulit mati akan terangkat dan kulit kepala menjadi bersih. Ada beragam produk obat ketombe yang ditawarkan dipasaran. Tetapi tentu saja dengan banyakya produk anti ketombe yang ada kita harus mencobanya utnuk mengetahui apakah produk itu benar-benar cocok untuk mengatasi permasalah ketombe pada kulit kepala kita.

Uji coba menggunakan produk yang dijual tentu bukan tidak ada resikonya. Kadangkala saat pemilihan produk perawatan yang salah populasi jamur penyeba timbulnya ketombe malahan akan semakin tinggi. Kita bisa melakukan perawatan ketombe dengan memakai produk minayk esensial dan produk herbal. Walaupun prosesnya butuh waktu lebih lama tetapi cukup aman bagi kulit kepala kita. Kita bisa memakai campuran lemon atau jeruk nipis dengan minyak kelapa untuk melakukan treatment pada kulit kepala. Cara ini cukup efektif untuk menekan jamur penyebab ketombe. Cara menghilangkan ketombe secara alami lainnya adalah memakai campuran cuka apel dan air.

Produk-produk herbal tentu tidak secepat produk kimia dalam hal hasil yang tampak tetapi bila dilakukan secara teratur penggunaan produk herbal juga terbukti cukuip efektif mengatasi masalah ketombe. Produk kimia dikenal cukup cepat memberi hasil tetapi saat pemakaian tidak tepat dapat menimbulkan iritasi dikulit kepala. Jika ingin hasil yang cepat baiknya saat memakai samphoo pilihlah shampoo yang ada kandungan ketoconazole.

Salah satu gaya rambut yang sering menyebabkan munculnya ketombe adalah penggunaan gel pada rambut. Bila anda memang pengguna gel rambut maka sebaiknya lebih sering untuk mencuci rambut sehingga dapat terhindar dari ketombe yang mengganggu.

Ketombe dikatakan mengganggu tentu bisa Anda dibayangkan bila serpihan serpihan putih kecil seperti salju jatuh pada bahu atau pakaian terutama yang berwana gelap tentu akan tampak sekali kalau kita memiliki masalah dengan ketombe dan ini sering berdampak pada rasa percaya diri. Apalagi di saat kita harus tampil di depan umum, tentu akan sangat mengganggu sekali bukan.

Regenerasi kulit yang terjadi sebenarnya adalah proses yang biasa dan itu tidak bisa serta merta dihapuskan. Hanya saja saat proses itu timbul secara berlebihan kita tentu wajib mengelola dengan baik permasalahan terkait dengan kulit kepala ini.

Beberapa penelitian Dermatologis menyebutkan penyebab timbulnya ketombe adalah jamur dan kondisi ketombe kadang kala semakin diperparah oleh beberapa factor baik itu faktor eksternal maupun internal. Beberapa factor pemicu tersebut dapat berupa penggunaan produk yang tidak tepat dan berlebihan, mengalami stress yang terus menerus dan juga kurangnya asupan gizi makanan.

Sebenarnya kalau Anda mau bersusah susah sedikit banyak informasi terkait dengan permasalah ketombe ini terutama informasi terkait cara menghilangkan ketombe secara alami dan penyebab ketombe. Informasi penanganan ketombe cukup banyak beredar di Internet yang bisa kita baca dan pelajari. Dari data disebutkan bahwa ternyata warga Amerika menghabiskan dana 300 juta dollar pertahun hanya untuk membeli beragam produk anti ketombe. Bayangkan bagaimana masalah ketombe ini menjadi salah satu ladang bisnis bagi industry kecantikan dengan menawarkan produk-produk perawatan rambut mereka.

Dengan mengetahui informasi terkait ketombe ini maka Anda bisa belajar banyak bagaimana mengelola masalah ketombe ini mulai dari asupan gizi dan pengobatan ketombe secara alami.

Jadi hindari menggunakan produk-produk kimia yang harganya mahal dan belum tentu bisa membantu anda keluar dari permasalahan kulit kepala ini. Jangankan berkurang bisa jadi dengan memakai produk kimia tersebut kulit kepala Anda semakin meradang dan ketombe semakin tidak terkontrol.

Yang lebih disarankan untuk mengatasi ketombe pada kepala adalah dengan pemakaian produk perawatan herbal dan alami. cara menghilangkan ketombe secara alami memang paling direkomendasikan. Produk perawatan herbal untuk ketombe lebih ramah terhadap kulit kepala dan tidak memiliki efek samping.

Walaupun penderita masalah ketombe ini tidaklah mengancam jiwa akan tetapi bila ini terjadi secara berlebihan ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terutama dokter kulit.

Penanganan masalah ketombe oleh para ahli memungkinkan kita menemukan cara paling efektif bagaimana terapi yang tepat perlu dijalankan. Mungkin saja ada ketidak seimbangan hormon dalam tubuh atau kurangnya gizi karena itu juga menjadi salah satu faktor pemicu munculnya ketombe di kulit kepala

Beberapa tips yang perlu dilakukan untuk mengurangi ketombe adalah gunakan shampoo anti ketombe alami atau herbal karena memang cara menghilangkan ketombe secara alami lebih aman. Lakukan perawatan ini sebaiknya 3 kali dalam satu minggu. Saat ber shampoo jangan lupa untuk melakukan pemijatan ringan dikulit kepala lalu bersihkan kulit kepala dengan shampoo tersebut setelah itu bilaslah sampai bersih.

Perlu diperhatikan saat pemilihan shampoo yang digunakan. Baiknya untuk selalu memakai shampoo dari produk yang sudah terpercaya. Apabila setelah kurun waktu 2 minggu tidak ada perubahan atau kondisi kulit kepala tidak membaik maka sebaiknya Anda perlu saran seorang dokter. Ceritakan permasalahan ketombe yang Anda alami dan mereka akan memberi treatment terbaik dan obat ketombe yang tepat.

Bukan tidak mungkin kalau ketombe adalah penyakit paling lama dikenal oleh manusia. Ketombe juga memang sudah sejak dahulu dicap sebagai hal yang memalukan. Pada zaman pertengahan kebersihan rambut memang tidaklah begitu diperhatikan. Ketidak tahuan akan pola hidup bersih terutama pada bagian rambut memang menjadi penyebab ketombe diderita pada zaman dahulu kala

Gangguan ketombe ini merupakan gangguan yang cukup kronis pada kulit kepala. Gejalanya ditandai dengan rasa gatal pada kulit kepala dan kemudian terjadi pengelupasan kulit kepala secara berlebihan. Walaupun bukanlah salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya dan tidak menular akan tetapi masalah ketombe ini bisa menjadi hal yang membuat orang menjadi jengkel dan frustasi.

Para dermatologis membuat suatu kesimpulan bahwa penyebab ketombe adalah jamur yang ada pada kulit kepala. Sifat dari jamur adalah bahwa mereka tidak bisa menghasilkan makanan untuk kebutuhan mereka sehingga lebih tepat menyebut mereka sebagai parasit. Sifat dari parasit adalah memakan semua yang berbahan dasar organik dan itu bisa diperoleh lewat kulit manusia maupun hewan. Jamur penyebab ketombe pada kulit kepala merupakan jamur Pityrosporum Ovale sejenis jamur kecil yang meginfeksi kulit kepala dan menimbulkan terjadinya ketombe.

Pada anak- anak infeksi kulit kepala biasanya sering terjadi. Untuk mencegah agar tidak sampai tejadi kebotakan permanen dan juga kerontokan rambut sangatlah penting mendiagnosis adanya infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur dikulit kepala.

Pada pria terutama pada masa puber kondisi terserang ketombe memang lebih sering bila dibandingkan dengan wanita. Nah disini mungkin perubahan hormonlah yang memicu makin banyak ketombe pada pria.

Pengelupasan kulit yang terus menerus sebenarnya adalah sifat yang normal saja karena sebenarnya kulit juga melakukan regenerasi dengan memperbarui diri. Terbentuknya sel-sel kulit baru akan mendorong lapisan kulit lama dan proses itu terus terjadi sampai sel kulit lama akhirnya mati dan tergantikan sel kulit baru dibawahnya. Kita tidak akan menyadari terjadinya proses pergantian kulit ini.

Pada kasus ketombe, proses pergantian kulit ini akan sangat cepat sehingga terjadi penumpukan kulit mati yang akhirnya nampak terlihat dengan mata telanjang seperti serpihan salju di kulit kepala. Bahkan dengan jumlahnya yang cukup banyak kadang kala akan berjatuhan menempel pada pakaian dan juga disertai rasa gatal di kulit kepala. Semakin kita menggaruk saat merespon rasa gatal itu maka ketombe akan semakin banyak bertebaran.

Walaupun demikian sebenarnya ketombe dapatlah kita kontrol. Pada penderita ketombe ringan mungkin lebih banyak untuk membilas kulit kepala dengan pembersih yang terbuat dari bahan dasar alami. Pada beberapa kasus penderita ketombe pemakaian shampoo biasa gagal mengatasi ketombe yang ada. Sehingga perlu perawatan medis dengan memakai produk shampoo khusus anti jamur. Beberapa produk shampoo anti jamur biasanya mengandung ketoconazole.

Seperti dalam tulisan sebelumnya bahwa ketombe merupakan hasil dari kulit kepala yang menjadi kering dan akhirnya mengelupas. Dalam istilah medis kondisi tersebut sering dikenal dengan istilah seborrheic dermatitis.

Beberapa produsen samphoo yang khusus membuat shampoo sering mengeluarkan produk dengan kandungan seng pyrithione yang tujuannya adalah untuk menekan jumlah populasi dari jamur ketoconazole yang juga diyakini sebagai salah satu penyebab timbulnya ketombe.

Ada beberapa treatment untuk menekan timbulnya ketombe yang menggangu. Apa saja treatment tersebut simak ulasan berikut ini.

Memanfaat Aspirin untuk atasi ketombe
Aspirin memiliki kandungan bahan aktif yang hampir mirip yang juga terdapat dalam shampoo anti ketombe yaitu asam salisilat. Untuk menekan ketombe Anda bisa menggerus 2 tablet aspirin menjadi serbuk halus. Setelah Anda memiliki serbuk halus dari aspirin tersebut campurkanlah serbuk aspirin itu kedalam shampoo yang akan anda gunakan. Keramasalah dengan shampoo campuran serbuk aspirin tersebut dan biarkan selama 1-2 menit kemudian setelah itu bilas secara merata. Tahap akhir adalah keramaslah kembali dengan shampoo biasa dan bilas sampai bersih.

Memakai Tea tree oil untuk atasi ketombe
Pada salah satu penelitian menggungkapkan bahwa penggunaan tea tree oil sebanyak 5 % saja sudah dapat menekan terjadinya ketombe. Gunakanlah tea tree oil dan tambahkan pada shampoo anda dan keramaslah seperti biasa. Dengan melakukan nya secara rutin ketombe Anda akan semakin berkurang.

Menggunakan Baking Soda untuk atasi ketombe
Ternyata baking soda yang biasanya ada di dapur kita dapat menjadi salah satu obat mujarab untuk mengatasi ketombe. Cara pengaplikasiannya adalah basahi rambut Anda lalu gosokan baking soda pada lapisan kulit kepala. Setelah itu bilaslah rambut anda dengan air bersih. Efeknya adalah rambut kepala Anda pada awalnya akan terasa kering tetapi beberapa minggu kemudian minyak alami pada kulit kepala akan mulai berproduksi kembali dan rambut Anda kembali lembut terbebas dari ketombe.

Demikian artikel singkat cara menghilangkan ketombe secara alami dan cepat. Semoga bermanfaat dan salam sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *