Cara Menghilangkan Bau Badan

Cara menghilangkan bau badan – Bau badan atau BB memang bisa menyerang siapa saja. Walaupun bukan sebuah penyakit yang berbahaya kalau sudah terhinggapi bau badan bisa menggangu aktivitas dan pergaulan. Tentu kita tidak mau dijauhi teman dan kerabat karena bau badan bukan. Tidak dipungkiri memang banyak orang menjadi sebuah permasalahan serius saat memiliki persoalan bau badan.

Saat seseorang menginjak usia dewasa maka akan ada banyak perubahan termasuk perubahan hormon pada tubuh. Hal ini juga yang mempengaruhi keringat yang semula tidak berbau menjadi berbau.Keringat dan bau juga sangat dipengaruhi oleh aktivitas, makanan tertentu, hormon dan bahkan suasana hati. Dalam kasus tertentu ada juga orang yang sedang mengkonsumsi obat teretntu memilki keringat yang berbau.

Pada tubuh manusia terdapat dua buah kelenjar keringat yaitu kelenjar ekrin dan kelenjar apokrin. Kelenjar ekrin merupakan kelenjar yang ada pada seluruh permukaan tubuh sedangkan kelenjar apokrin merupakan kelenejar keringat  yang terdapat pada bagian tubuh yang ditumbuhi rambut.

Semua kelenjar keringat tersebut menghasilkan keringat dimana pada kelenjar ekrin keringat yang keluar merupakan keringat yang tidak berbau kecuali bila kita makan makanan yang menimbulkan bau khas seperti bawang pprotein dalam dalam porsi  yang banyak. Keringat ini merupakan alat untuk pendngin tubuh saat udara sedang panas.

Sedangkan kelenjar keringat apokrin merupakan kelenjar keringat yang timbul saat kita dewasa dengan hasil cairan keringat yang lebih berlemak. Bukan Cuma itu saja tubuh juga akan membentuk bakteri untuk memecah protein dalam keringat yang keluar dari kelenjar apokrin. Hasil dari penguraian keringat oleh bakteri ini yang kemudian akan menimbulkan bau.

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Banyak cara ditempuh seseorang saat mengalami bau badan. Aktivitas sosial seringkali membuat rendah diri dengan adanya bau badan. Oleh karena itu banyak yang mencoba beragam resep penghilang bau badan tak sedap. Nah mungkin beberapa tulisan cara menghilangkan bau badan di bawah ini pernah Anda baca atau ketahui. Jika belum bisa Anda coba praktekan di rumah sehingga bisa terhindarkan dari persoalan bau badan tak sedap.

Cara mengatasi bau badan kita perlu menjaga kebersihan tubuh secara rutin dengan mandi bersih.  Bila terpaksa maka bersihkan ketiak dengan kain lembab atau bila memungkinkan bersihkan ketiak dengan air dan sabun sehingga bersih dari adanya bakteri yang menimbulkan bau badan.

Advertisement

Jangan lupa untuk selalu memakai pakaian bersih. Baju yang baru dipakai sebentar saja tetap harus dicuci sampai bersih. Baiknya untuk menghindari memakai baju lebih dari satu kali tanpa dicuci terlebih dahulu.

Untuk mengurangi bau badan ada sayuran yang diyakini dapat menghilangkan bau badan yaitu kemangi. Dari namanya memang daun kemangi memiliki bau yang wangi. Dengan mengkonsumsi daun ini mentah mentah atau untuk lalapan diharapkan bau badan akan reda.

Cara mengatasi bau badan dengan ramuan tradisional lainnya adalah dengan menyiapkan 1 genggam daun beluntas, i jari kunyit, 1 jari temu giring. Ktiga bahan tersebut dicuci hingga bersih lalu ditumbuk dan diberi air. Peraslah dan minum perasan ramuan tadi 2x sehari. Dengan ramuan tradisional menghilangkan bau badan ini maka bau badan akan hilang.

Selain penggunaan obat tradisonal ada juga obat-obatan untuk mengurangi bau badang yang dijual bebas. Obat penghilang bau badan di apotik mungkin sebatas deodoran. Kita bisa memperoleh obat penghilang bau badan berupa deodoran baik dalam bentuk bubuk maupun stik di toko ataupun swalayan. Walapun tidak mengurangi keringat dengan memakai deodoran akan membantu mengatasi bakteri yang berkembang biak saat udara panas dan lembab.

Salah satu cara mengatasi keringat berlebih pakailah obat anti keringat yang mengandung alumunium jika produksi keringat yang berlebih. Karena keringat yang berlebih juga lebih beresiko menimbulkan bau badan. Zat pada obat penghilang keringat akan bekerja mengurangi produksi keringat sehingga bakteri tidak bisa berkembang biak.

Pemakaian sabun deodoraan anti bakteri juga ampuh untuk membunuh bakteri yang menimbulkan bau badan. Zat yang terkandung pada sabun deodoran anti bakti akan membunuh bakteri saat munculnya keringat pada tubuh.

Jadi kesimpulannya adalah untuk terhindar dari bau badan adalah dengan menjaga kebersihan tubuh secara rutin. Mulai dari mandi dengan bersih memakai sabun, memakai pakaian bersih sekali pakai, mengurangi makan yang menimbulkan bau badan dan bisa dibantu dengan deodoran penghilang bau badan.