Bunion : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda mengalami ibu jari kaki kelihatan bengkok mengarah ke jari kaki lainnya. Dengan kondisi tersebut maka dapat menyebabkan pada bagian jari kaki sering tergesek dengan sepatu yang lama-kelamaan terasa sakit. Gejala tersebut dikenal sebagai bunion.

Pengertian Bunion

Apa arti bunion? Bunion merupakan suatu pembengkakan pada kantung berisi cairan (bursa) yang ada pada sepanjang bagian luar ibu jari kaki.

Bunion terbentuk saat ibu jari mulai membengkok kearah jari disebelahnya atau bahkan menumpuk di atasnya yang membuat bentuk kaki berubah.

Bagian pangkal ibu jari kaki jadi menonjol keluar melebihi bentuk normal kakki sehingga terlihat seperti benjolan. Karena menonjol, bunion sering jadi tergesek dan kulitnya menebal sehingga terasa sakit.

Beberapa penyebab pembengkakan ini antara lain karena bawaan kaki yang tidak umum yang sifatnya keturunan. Selain itu bunion juga disebabkan oleh seringnya memakai sepatu yang pas, berhak tinggi dan berujung runcing.

Tanda-tanda bunion adalah bagian pangkal tulang ibu jari lebih menonjol keluar. Bunion biasanya terasa sakit dan ibu jari agak sulit digerakkkan. Karena bagian itu biasanya serign tergesek dengan bagian dalam sepatu, bunion pun bisa membenekak.

Advertisement

Cara Mengatasi Bunion

Untuk mengatasi timbulnya bunion maka jangan memakai sepatu yang terlalu pas di kaki. Pakailah sepatu dengan ruang jari kaki yang memadai. Lebih baik sering menggunakan sandal atau malah bertelanjang kaki. Bila ada perubahan yang lebih besar, mungkin membutuhkan sepatu khusus.

Bunion treatment bisa dilalkukan dengan mengganti model sepatu dengan bagian jari yang lebih besar atau mengenakan sandal akan mengurangi gesekan pada kaki. Rasa sakit bisa diredakan dengan melakukan komres dengan bantalan hangat atau air hangat.

Untuk mengatasi bunion kita bisa mengandalkan obat bebas. Jika sakit itu disebabkan oleh gesekan dengan sepatu maka ada baiknya unruk memakai bantalan lembut pada bagian yang sakit. Bantalan kaki untuk mengatasi bunion tersebut bisa  diperoleh pada apotek atau toko-toko sepatu tertentu. Untuk mengurangi rasa sakit  penggunaan obat anti radang seperti ibuprofen atau naproksen bisa cukup membantu.

Penanganan dan tindakan oleh dokter mungkin akan melakukan foto ronteng agar dapat diketahui dengan jelas penyebabnya. Pada bunion yang telah menahun, satu-satunya bunion treatment adalah perawatan dengan menggunakan sepatu khusus (ortopedik).

Untuk kasus yang sangat berat, diperlukan tindakan bedah untuk mengangkat bunion serta meluruskan ibu jari kaki yang bengkak.