4 Bahaya Olahraga Berlebihan untuk Tubuh

Ada yang beranggapan semakin banyak berolahraga tentu akan semakin bagus oleh sebab itu ada baiknya menyimak artikel berikut mengenai bahaya olahraga berlebihan. Memiliki tubuh yang sehat dan segar tentu menjadi keinginan semua orang termasuk anda bukan..?

Banyak orang lalu dengan aneka alasan mengkonsumsi beragam jenis vitamin maupun suplemen demi tetap bugar.

Sebetulnya dengan asupan gizi seimbang dan diimbangi oleh olah raga juga istirahat sudah cukup memenuhi kebutuhan tubuh untuk tetap fit sepanjang hari.

Berbagai cara dapat kita lakukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, termasuk dengan melakukan olehraga.

Selain badan kembali segar, olahraga juga baik untuk merefresh kerja otak sehingga dapat menurunkan tingkat stress.

Bagi yang memiliki waktu dan niat tentu olah raga rutin menjadi salah satu kebutuhan yang tidak akan ditinggalkan.

Tetapi tidak bagi sebagian orang yang begitu padat dengan aktivitas atau rutinitas hariannya sehingga waktu untuk berolah raga seolah-olah menjadi sedemikian mahalnya.

Advertisement

Olahraga memang dapat membuat tubuh kita sehat, namun jika dilakukan dengan berlebihan, bukan kesehatan yang kita dapat tapi malah penyakit.

bahaya olahraga berlebihanUntuk itu sangat dianjurkan berolahragalah dengan intensitas yang cukup dan sesuai porsi, hal ini sangat perlu diperhatikan terutama bagi orang – orang yang memiliki penyakit pada tulang seperti osteoporosis.

Lalu apa saja bahaya olahraga berlebihan? Yuk kita simak!!

1. Tulang Rapuh
Apabila Anda berolahraga terlalu lama dari waktu yang sewajarnya, hal tersebut dapat mengakibatkan tulang rawan rapuh serta kelelahan pada sendi – sendi, serta melemahnya tulah rawan.
2. Melemahkan Tulang
Bagi Anda yang memiliki penyakit osteoporosis, jangan sekali kali melakukan latihan atau olahraga dengan waktu yang lama, karena hal tersebut dapat memperburuk kondisi penyakit tulang Anda. Maka lakukan dalam batasan yang wajar saja ya.
3. Dehidrasi
Apabila Anda melakukan olahraga secara berlebihan diluar batas kemampuan tubuh Anda,maka dapat mengakibatkan dehidrasi yang cukup parah. Dehidrasi adalah kondisi dimana tubuh kehilangan banyak cairan, apabila tubuh kehilangan banyak cairan dan tidak segera tergantikan maka tubuh Anda akan lemas, dan tentunya olahraga yang Anda lakukan akan sia – sia.
4. Cedera Tulang
Melakukan olahraga secara berlebihan selain mengakibatkan tulang rawan Anda lemah, juga dapat mengakibatkan cedera yang serius. Lakukanlah olahraga dibawah bimbingan secara tepat dan sesuai porsi, supaya olahraga Anda jadi bermanfaat. Jangan sampai karena berolahraga secara berlebihan tulang Anda bisa patah atau stress.

Perlu diperhatikan, sebelum melakukan olahraga, ada baiknya Anda melakukan pemanasan untuk menghindari kecelakaan pada bagian tubuh Anda.

Nah itulah 4 bahaya olahraga berlebihan untuk tubuh kita , jadi pada intinya lakukan lah sesuai porsi jangan berlebihan. Karena segala sesuatu yang berlebihan pastilah sangat tidak baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *