Asma Pahami Pencetusnya

Penyakit asma sebenarnya bisa menyerang siapa saja dan sebagian besar menyerang pada anak-anak. Biasanya asam ditenggarai dengan batuk-batuk dan sesak nafas karena penyempitan saluran pernafasan. Asma memang penyakit yang tidak bisa disembuhkan akan tetapi apabila tahu pencetusnya maka asma bisa dikontrol. Asma kronis akan menjadi sangat berbahaya yang bisa menyebabkan kerusakan pada saluran pernafasan dan bisa mempengaruhi pembuluh darah paru. Akbiatnya adalah asma kronis bisa menyebabkan kematian. Tercatat bahwa asma adalah penyebab kematian no 5 tertinggi di dunia.

Faktor Penyebab Penyakit Asma

Ada banyak factor yang menyebabkan orang menderita penyakit asma. Salah satu factor terbesar adalah dari factor gentika alias factor keturunan. Apabila kita memiliki riwayat keturunan penderita asma baik itu orang tua atau kakek nenek maka resiko kemungkinan terkena penyakit asma adalah lima kali lebih besar.  Selain factor keturunan maka obesitas juga tercatat sebagai factor timbulnya penyakit asma ini. Kegemukan pada usia dini memang belum akan tampak tetapi seiring dengan pertumbuhan badan dan pola makan tidak sehat asma ini bisa muncul. Selain factor diatas asma juga bisa terjadi pada wanita hamil dimana hal tersebut dipengaruhi oleh hormone Imunoglobulin E dan sel darah eosinofil tinggi. Asma dapat saja terjadi pada ibu hamil walaupun mereka tidak memiliki riwayat keluarga penderita asam.

Pahami pencetus kambuhnya asma

Untuk dapat mengontrol asma maka perlu memahami dahulu apa pencetus terjadinya (kambuh) asma. Pencetus terjadinya asma bisa beragam misalnya debu, stress atau kelelahan. Dengan menghindari pencetus terjadinya asma maka asama dapat dikontrol dengan baik. Misalkan saja pekerja berhubungan dengan wol atau kapas sangat beresiko tinggi untuk terkena penyakit asma. Tentu karena lokasi kerja yang mengkondisikan demikian mau tidak mau memang harus dihadapi dan obat asma bisa jadi pilihan.

Pengobatan asma adalah dengan obat semprot yang harus disemprot secara rutin. Idealnya adalah apabila asama kambul 3 kali dalam satu minggu maka harus diobati dengan obat semprot rutin baik kambuh ataupun tidak kambuh. Dan dosis maupun frekwensi obat semprot akan terus ditingkatkan apabila penyakit asma makin sering kambuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *