Artikel Gaya Hidup Sehat

Dalam artikel gaya hidup sehat kali ini akan dipaparkan bagaimana memulai hidup sehat itu. Sebenarnya cara hidup sehat itu sangat mudah dipahami yaitu memperhatikan asupan makanan atau asupan gizi dan berolahraga. Cara hidup sehat yang secara teori mudah dipahami tetapi bagi kebanyakan orang cukup sulit untuk dilakukan. Apalagi di jaman yang penuh dengan tuntutan dan serba cepat saat ini orang cenderung untuk melupakan kebutuhan asupan gizi tubuh apalagi untuk berolah raga. Pekerjaan kantor yang menumpuk kadang membuat orang sampai lupa makan atau makan “seadanya” asal kenyang saja. Berolah raga juga dianggap sebagai kegiatan yang memerlukan waktu ekstra sehingga kadang tidak ada waktu untuk yang satu ini.

Artikel Gaya Hidup Sehat Dengan Mudah

Setiap orang memiliki kebutuhan asupan gizi yang berbeda. Orang yang berbadan besar akan berbeda dengan orang yang memiliki badan kecil dalam kebutuhan gizinya. Dalam artikel gaya hidup sehat ini ada cara mudah bagaimana mengetahui berapa sebenarnya kebutuhan asupan gizi bagi tubuh kita. Ada rumus sederhana untuk menghitung kebutuhan asupan gizi tubuh yaitu dengan IMT atau Indeks Masa Tubuh. IMT ini seringkali kita menyebutnya dengan berat badan ideal. Apabila IMT menunjukkan angka diatas normal maka perlu mengurangi porsi makan dan sebaliknya jika IMT menunjukkan angka di bawah normal maka perlu menambah porsi makannya. Lalu bagaimana mengukur Indeks Masa Tubuh kita ? Gampang saja bagilah berat badan dengan tinggi badan. Apabila hasil bagi tersebut dibawah 18.5 maka berat badan kurang, 18.5-22.9 berat badan normal, 23-24.9 berat badan lebih, lebih dari 25 maka tergolong obesitas.

Buah dalam artikel gaya hidup sehat

Dalam pemilihan makanan juga ada baiknya bervariasi. Semakin bervariasi maka kelengkapan gizi yang diperoleh tubuh semakin komplit. Tidak ada satu jenis makanan yang mengandung semua gizi yang diperlukan oleh tubuh. Makanan yang dikonsumi harus mengandung karbohidrat, protein, lemak,vitamin, mineral dan serat. Buah juga salah satu makanan yang penting dan jangan dilupakan. Setiap warna buah juga memiliki manfaat berbeda bagi tubuh. Dalam artikel gaya hidup sehat warna buah merah mengandung likopen untuk mencegah kanker, warna hitam mengandung polifenol untuk menurunkan kadar kolesterol, warna buah biru-ungu mengandung antosianin dan fenolat untuk anti penuaan, warna hijau-putih pada buah mengandung flanoid untuk meningkatkan daya tahan tubuh, wana jingga mengandung alfa dan beta karoten berguna untuk mencegah kanker, warna jingga-kuning mengandung vitamin C berguna untuk melindungi sel-sel tubuh, warna kuning-hijau mengandung karotenoid, lutein, zeaxanthin berguna untuk kesehatan mata sedangkan warna hijau mengandung sulforafan, istiosianat dan indoles yang juga berguna untuk mencegah kanker.

Penting berolah raga versi artikel gaya hidup sehat

Gaya hidup sehat semakin lengkap dengan berolah raga. Selain meperhatikan asupan gizi makanan maka rajin bergerak adalah salat satu yang sangat dianjurkan. Dengan berolah raga makan gizi yang telah dibawa makanan masuk ke dalam tubuh akan menjalankan fungsinya dengan benar. Olah raga yang teratur dan benar akan mengkondisikan pola masuk dan keluar gizi dalam tubuh menjadi ideal. Dengan bergerak makan kinerja otot, jantung dan otak akan semakin maksimal. Sesibuk apapun kita perlu menjadwalkan olah raga minimal 3 jam dalam satu minggu. Buatlah dalam setiap aktivitas diselingi dengan gerak badan dengan cara sederhana misalnya membiasakan berjalan kaki, tidak menggunakan lift. Semoga artikel gaya hidup sehat ini dapat berguna.

2 thoughts on “Artikel Gaya Hidup Sehat

  1. Pingback: Menurunkan Berat Badan | ASKEPS.com

  2. Pingback: Hindari Penyakit Dengan Pola Hidup Sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *