Ciri Anemia dan Obat Alami Anemia

Pernahkan Anda menderita Anemia ? atau mungkin belum tahu ciri anemia itu seperti apa ? Bila kita merasa letih, lesu atau kurang semangat mungkin kita menderita penyakit anemia. Sebenarnya kalau rasa lesu yang timbul tidak diikuti dengan gejala lainnya dapat dengan mudah diatasi dengan olah raga secara teratur. Tetapi bila rasa lesu tersebut terus berkelanjutan kemungkinan memang ada ketidak beresan pada tubuh. Bisa jadi tubuh memang sedang menderita suatu gejala penyakit tertentu.

Ciri anemia yang paling umum adalah kelesuan dan badan terasa lemas. Lesu yang dialami tersebut kemungkinan salah satunya adalah karena rendahnya jumlah sel darah merah atau yang lebih dikenal dengan sebutan anemia. Tentu saja diagnose dari dokter diperlukan untuk memastikan apa sebnenarnya penyebab lesu tersebut sehingga perlu memeriksakan diri ke dokter.

ciri anemia

Penyakit Anemia adalah rendahnya jumlah sel darah merah atau rendahnya kadar hemoglobin. Sebagai informasi bahwa hemoglobin bertugas membawa oksigen dari paru paru ke otak dan juga ke organ tubuh lainnya. Oksigen sangatlah penting bagi tubuh karena oksigen akan membantu proses reaksi kimia dalam tubuh sebagai penghasil energy tubuh. Kulit yang terlihat cerah dan sehat merupakan tanda bahwa tubuh memiliki cukup oksigen.

Ciri seseorang yang mengalami atau menderita sakit anemia maka dalam tubuhnya hanya memproduksi sel sel darah merah dalam jumlah yang sedikit. Bisa juga produksi sel darah merah normal tetapi jumlah sel darah merah yang hilang lebih banyak dari jumlah sel darah merah yang diproduksi.

Kekurangan sel darah merah artinya asupan oksigen ke organ tubuh menjadi tidak lancar atau tidak optimal sehingga menyebabkan tubuh dari si penderita anemia tampak lesu, kulit terlihat lebih pucat dan kepala sering menjadi pusing. Pada penderita anemia bisa terlihat jela pada telapak tanga dan kelopak mata tampak pucat.

Demikian juga saat berolahraga maka para penderita anemia lebih cepat kehabisan nafas dan detak jantung lebih cepat. CIri anemia juga diikuti tanda saat kepala menjadi terasa ringan dan kaki serta tangan terasa dingin.

Advertisement

Lalu apa penyebab anemia itu? Anemia sendiri bisa terjadi karena disebabkan tubuh kekurangan zat besi dan juga vitamin B12. Penyebab lainnya juga karena kehamilan, mimisan sehigga kehilangan banyak darah, menstruasi yang cukup banyak, wasir, pendarahan tukak lambung, menderita cacing tambang atau bahkan  karena menderita kanker. Bila pendarahan karena tumor kemungkinan dokter akan melakukan tindakan pembedahan. Bagi penderita anemia yang mengalami pendarahan berat perlu mendapatkan tranfusi darah.

Pendeknya umur sel darah merah dari yang seharusnya juga merupakan salah satu penyebab terjadinya animea atau disebut dengan anemia hemolitik. Sedangkan anemia yang disebabkan karena efek samping suatu pengobatan yaitu anemia aplastic yaitu karena gangguan terhadap sumsum tulang yang merupakan pusat produksi sel darah merah.

Anemia yang disebabkan karena kurangnya asupa gizi disebut sebagai animea defisiensi. Animea ini karena kuragnya zat besi, asam folat dan vitamin B12 terutama pada anak anak dan wanita hamil atau sedang menstruasi sehingga perlu mengkonsumsi makanan bergizi yang cukup untuk mencegah anemia defisiensi ini.
Pada wanita yang sedang hamil perlu ditambah dengan suplemen tablet zat besi dan asam folat karena kebutuhan akan zat besi dan asam folat tersebut sulit dicukupi hanya dari makanan saja.

Ciri ciri anemia akut pada seseorang yang menderita anemia adalah mengalami pucat secara tiba tiba, mengeluarkan keringat dingin dan hingga pingsan. Bahaya penyakit anemia akut ini bila tidak ditolong bisa berakibat fatal. Sedangkan pada penderita anemia kronik, ciri-sirinya adalah mudah lelah, lemas, pucat, dan sesak.

Cara mencegah anemia adalah dengan cara mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Makanan untuk anemia yang bayak mengandung zat besi seperti daging , hati, kacang-kacangan (kedelai-tempe) dan sayuran hijau. Sedangkan mengkonsumsi suplemen tablet zat besi bisa membantu mempercepat penyembuhan. Ada beberapa obat alami anemia yang bisa dipakai untuk mengobati anemia.

Cara Mengatasi Anemia

Cara mengatasi anemia dengan buah bit. Buah bit adalah salah satu tanaman umbi yang cukup banyak manfaatnya. Buah bit berasal dari Mesopotamia, yang kemudian menyebar ke beberapa negara lainnya seperti di Asia maupun di Eropa. Salah satu khasiat dan manfaat buah bit adalah mengobati penyakit anemia. Buah bit untuk anemia dengan cara cuci buah bit  kupas kulit buah bit kemudian  buah bit dipotong dan dimasukkan ke dalam blender (bisa juga diparut). Hasil buah bit yang di blender/di parut, kemudian peras untuk diambil airnya.  Tuang kedalam gelas dan siap untuk diminum.

Ramuan tradisonal lainya untuk penderita animea adalah dengan mengkonsumsi minuman ramuan kunyit. Caranya cukup mudah siapkan kunyit satu tellunjuk saja kemudian cucilah sampai bersih dan diparut. Parutan tersebut beri sedikt air lalu peras. Telur ayam kampong dikocok dan diberi person air kunyit dan tambahkan sedikit madu. Minumkan ramun ini pada penderita animea 2 kali sehari.

Resep tradisional untuk penderita animea adalah dengan minum ramuan lempuyang wangi. Caranya ambil 3 jari lempuyag  kemudian cuci bersih dan diparut. Rebus parutan tersebut dengan 3 gelas air sampai air rebusan tinggal 1 gelas. Tambahkan sedikit gula arean dan minum ramuan ini sampai habis.

Resep tradisional untuk mengatasi animea lainnya adalah dengan minum ramuan tapak dara putih. Caranya ambil 4 putik tapak dara puitih lalu cuci sampai bersih kemudian rendam dalam 1 gelas air matang. Letakkan ramuan ini smealaman diluar agar terkena embun dan minumkan ramuan  ini setiap pagi.

Mengatasi animea dengan obat yang dijual dipasaran adalah dengan mium tonikum yang mengandung zat besi. Bisa juga dengan mengkonsumsi vitamin penambah darah yang megandug zat besi, vitamin B12 dan asam folat. Demikian sekilas mengenai anemia. Artikel ini mungkin terkait dengan artikel mengenai cara mengobati anemia, ciri ciri anemia akut, obat alami anemia, ciri anemia saat haid, bahaya penyakit anemia, cara mencegah anemia dan makanan untuk anemia.