Akibat Kekurangan Vitamin

Ada banyak akibat kekurangan vitamin yang berdampak pada kesehatan tubuh manusia. Kadangkala dalam keseharian kita tidak menyadari bahwa sebenarnya tubuh kekurangan vitamin.

Tubuh manusia membutuhkan berbagai vitamin untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Perlu Anda ketahui bahwa vitamin tidak bisa diproduksi oleh tubuh manusia sendiri.

Oleh sebab itu untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin, kita harus banyak mengkonsumsi banyak makanan yang memiliki kandungan vitamin yang berguna untuk tubuh.

Apabila Anda mengkonsumi makanan yang kurang mengandung vitamin, ditakutkan tubuh Anda akan kekurangan vitamin.

akibat kekurangan vitaminSebelum kita bahas lebih lanjut, ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai golongan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Berikut ini adalah golongan vitamin yang diperlukan untuk tubuh kita.
1.    Vitamin yang larut dalam air
2.    Vitamin yang larut dalam lemak
3.    Vitamin yang tidak larut dalam air.

Untuk jenis vitamin yang larut dalam air seperti  vitamin B dan vitamin kompleks. Vitamin B terdiri dari vitmin B-1, vitamin B-2, Vitamin B-3 dan vitamin B-12. Golongan vitamin ini merupakan salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia .

Advertisement

Apabila tubuh kekurangan vitamin ini, maka akan menimbulkan akibat tersendiri, tubuh akan mengalami dampak kekurangan vitamin.

Apabila tubuh Anda kekurangan vitamin B-1, maka tubuh dapat terserang penyakit seperti beri-beri. Penyakit jenis ini ditandai dengan gejala kurang nafsu makan, sakit pada jantung, kelelahan dan kesemutan.

Kemudian apabila tubuh mengalami kekurangan asupan vitamin c maka akan berakibat pada penyakit seperti pendarahan di gusi, kulit yang sensitif terhadap infeksi serta lambatnya tumbuh kembang pada anak.

Lalu akibat pada orang dewasa jika kekurangan vitamin c dapat ditandai dengan perasaan sakit yang sering timbul pada kaki dan sendi-sendi, mudah terserang infeksi serta sering mengalami pendarahan kecil di bawah kulit dan gusi.

Lalu apabila tubuh Anda kekurangan Vitamin A dapat mengakibatkan tubuh juga akan mengalami kulit kering, buta senja, kornea pecah serta bintik putih pada mata.

Untuk penderita penyakit seperti rachitis, terjadi pembentukan tulang yang kurang sempurna serta terjadi pembesaran pada ujung-ujung tulang, nah hal tersebut merupakan dampak kekurangan vitamin D.

Untuk menghindari tubuh kita kekurangan vitamin, maka jagalah kondisi tubuh Anda dengan mengkonsumsi makanan bergizi, seperti sayuran serta buah – buahan segar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *